trubus.id
1 Titik Padam, Petugas Fokus Pemadaman Lahan Gambut Lain di Nagan Raya

1 Titik Padam, Petugas Fokus Pemadaman Lahan Gambut Lain di Nagan Raya

Syahroni - Sabtu, 02 Mar 2019 18:00 WIB

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lahan gambut terjadi di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh sejak Kamis (28/2) lalu. Lokasi kebakaran ditemukan di 2 titik dengan luasan secara menyeluruh diperkirakan mencapai 10 hektare lahan gambut kering.

Hingga hari ini, Tim terpadu dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI dan Polri pun masih berupaya memadamkan sisa titik api tersebut.

"Pemadaman dipimpin langsung Dandim Nagan Raya. Sudah ada alat berat juga dikerahkan untuk membantu pembuatan kanal sumber air," kata Kepala pelaksana BPBD Nagan Raya, Hamidi, Sabtu (2/3).

Baca Lainnya : Gawat, Kebakaran Hutan di Nagan Raya Aceh Terus Meluas

Lebih lanjut Hamidi mengatakan, satu titik  telah berhasil dipadamkan, yakni di Gunung Reubo, Kecamatan Kuala. Sementara saat ini operasi pemadaman terkonsentrasi di Desa Kuala Tadu, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya.

Baca Lainnya : 8 Provinsi di Indonesia Berpotensi Alami Karhutla Besar pada Juni 2019

"Kebakaran seluas 4,7 hektare, itu sudah padam kemarin, ini yang satu titik lagi sisanya di tempat lain yang sedang kita padamkan bersama. Mudah-mudahan hari ini juga bisa padam," sebutnya.

Ia mengatakan, permukiman penduduk sejauh ini masih aman dari jangkauan titik api kebakaran lahan, pihaknya juga terus memantau agar titik api tidak meluas.

"Cuaca memang panas, tapi belum mengganggu, masih satu kilometer dari permukiman penduduk. Sampai siang ini masih aman, api masih jauh dari rumah-rumah warga," lanjutnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020