trubus.id
Harga Anjlok, Petani Cabai Besar Imola di Surabaya Merana

Harga Anjlok, Petani Cabai Besar Imola di Surabaya Merana

Syahroni - Sabtu, 02 Mar 2019 10:00 WIB

Trubus.id -- Petani cabai merah besar di wilayah Made, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya kini tengah resah. Anjloknya harga cabai hasil produksi mereka yang jadi penyebabnya.

Yah, di bulan Februari ini, harga cabai merah besar varietas Imola yang mereka tanam, kini hanya dihargai Rp4 ribu perkilogram. Padahal tahun lalu di bulan yang sama, harga cabai merah besar varietas tersebut bisa mencapai Rp21 ribu per kilogram. 

Baca Lainnya : Kementan Keluarkan Solusi Terkait Anjloknya Harga Cabai

''Minggu ini sedikit naik. Musim petik cabai sebelumnya malah hanya Rp 2.500 per kilogram,'' ujar Karnoto, warga Made Selatan, di ladangnya.

Menanggapi kondisi ini, Ketua Marketing Gapoktan Made Sambikerep, Hadi Prayetno mengatakan, anjloknya harga cabai petani dipengaruhi pasaran.

Baca Lainnya : Produksi Cabai Melimpah, Petani: Disdag dan Bulog Tolong Intervensi Harga

Menurut dia, meski kabar penurunan harga cabai tersebut sudah sampai ke Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, hingga kini belum ada survei sama sekali.

Mereka berharap dinas terkait turun tangan untuk menstabilkan harga cabai di pasaran. Pasalnya, jika kondisi ini dibiarkan, kerugian yang diderita petani bisa terus bertambah. Saat ini saja, banyak petani yang membiarkan cabainya memerah dan kering di pohon karena tidak ingin keluar biaya lagi untuk panen. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020