trubus.id
Kapan Pulau Komodo Ditutup, Pelaku Usaha Pariwisata Tuntut Kepastian

Kapan Pulau Komodo Ditutup, Pelaku Usaha Pariwisata Tuntut Kepastian

Astri Sofyanti - Selasa, 26 Feb 2019 23:00 WIB

Trubus.id -- Rencana penutupan sementara Taman Nasional Komodo (TNK) atau yang kerap disebut Pulau Komodo terus mendapat protes dari sejumlah pelaku usaha jasa pariwisata.

Belum lama ini, para pelaku usaha jasa pariwisata yang berada di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta kepastian waktu dari pemerintah terkait wacana tersebut.

Betapa tidak, wacana penutupan Pulau Komodo diakui salah seorang pemilik usaha jasa pariwisata Leonardus Nyoman, serba tidak pasti.

Baca Lainnya : KLHK: Penutupan Sementara TN Komodo Dimungkinkan Atas Pertimbangan Ilmiah

“Rencana penutupan sementara Pulau Komodo ini berdampak buruk bagi penjualan tiket wisata bagi para pelaku usaha jasa pariwisata,” ucap Leonardus di Kupang, NTT, Selasa (26/2).

Sebelumnya, pemerintahan Gubernur NTT Viktor Laiskodat mewacakan penutupan sementara Pulau Komodo dalam kawasan TNK dari aktivitas para wisatawan selama setahun. Tapi adanya kemungkinan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) penutupan akan dilakukan pada 2020 mendatang.

Baca Lainnya : Bikin Pelaku Usaha Pariwisata Merugi, Penutupan TN Komodo Tuai Protes Lagi

Diakui Leonardus, pelaku usaha jasa pariwisata sulit memastikan penjualan paket wisata Pulau Komodo pada tahun depan, karena belum adanya kepastian ditutup atau tidak. Sementara informasi seputar penutupan Pulau Komodo sangat dibutuhkan wisatawan yang akan memesan paket wisata Pulau Komodo.

Diakuinya, kepastian waktu sangat penting mengingat wisatawan mancanegara seperti Eropa, Amerika dan lainnya merencanakan perjalanan wisata mereka sejak setahun 2018 lalu. Pihaknya berharap informasi penutupan Pulau Komodo sudah ketuk palu pada saat itu.

“Kita berharap informasi tanggal bulan dan ditutup sampai berapa lama secepatnya diumumkan,” tegasnya.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020