trubus.id
Life » Gelas Kopi Reusable Lebih Higienis daripada Plasti...
Gelas Kopi Reusable Lebih Higienis daripada Plastik

Gelas Kopi Reusable Lebih Higienis daripada Plastik

Diah Fauziah - Selasa, 26 Feb 2019 13:30 WIB

Trubus.id -- Trubus Mania, kalian pernah beli kopi untuk dibawa pulang alias take away? Jika iya, pastinya barista akan menyeduh kopi ke dalam gelas kertas yang bisa digunakan lagi dan kemudian memberikannya ke Anda, lengkap dengan gula putih dan sedotannya. Tentu, jika kalian memesan kopi panas loh.

Dan ternyata, gelas tersebut itu lebih aman dibandingkan cangkir plastik. Hal itu dikatakan oleh peneliti dari Aston University di Birmingham. Para peneliti yang juga ahli mikrobiologi, membandingkan cangkir kopi plastik dengan gelas khusus mengandung teknologi antimikroba dari perusahaan Biomaster.

Baca Lainnya : Daur Ulang Jadi Solusi Mengatasi Limbah Plastik di Indonesia

Selama lima hari, para peneliti menggunakan kedua jenis cangkir itu setiap hari, setidaknya satu kali dan membersihkannya dengan berbagai cara. Mencuci gelas dengan air panas dan sabun pencuci dan membiarkannya kering alami; mencuci dengan air dingin dan membiarkannya kering alami; meminum kopi dan membiarkan cangkir kering alami tanpa dicuci dan menyisakan sekitar 20 ml kopi di bagian bawah bawah cangkir sampai penggunaan berikutnya, ketika cangkir itu dicuci dengan air dingin sebelum digunakan lagi.

Baca Lainnya : Australia Berhasil Pangkas 80 Persen Penggunaan Plastik dalam 3 Bulan

Hasilnya, gelas plastik mengandung tingkat residu bakteri yang sangat tinggi. Bahkan, setelah dicuci secara menyeluruh. Namun, gelas khusus yang memiliki teknologi antimikroba, menghambat pertumbuhan jenis bakteri hingga 99 persen pada tutup eksternal dan internal di dalam cangkir.

Penemuan ini penting karena popularitas cangkir yang dapat digunakan kembali semakin pesat dalam beberapa tahun terakhir. Patut dibanggakan karena konsumen lebih sadar akan efek yang dibuang oleh cangkir pada lingkungan.

Gelas yang terbuat dari serat bambu juga lebih higienis karena memiliki sifat antibakteri. [DF]

 

 

 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020