trubus.id
Krisis Pangan, Korea Utara Minta Bantuan ke PBB

Krisis Pangan, Korea Utara Minta Bantuan ke PBB

Astri Sofyanti - Jumat, 22 Feb 2019 21:30 WIB

Trubus.id -- Baru-baru ini beredar kabar yang menyebut, Korea Utara tengah mengalami krisis Pangan sekitar 1,4 juta ton pada tahun ini. Untuk mengakhir problem tersebut, Pemerintah Korea Utara mengirim surat ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam surat tersebut dituliskan, pemerintah Republik Rakyat Demokratik Korea menyerukan kepada organisasi internasional tersebut agar segera menanggapi penanganan situasi pangan yang tengah dialami negara tersebut.

Disebutkan juga, produksi pangan Korut pada 2018 sebesar 4.951 juta ton. Jumlah tersebut ternyata menurun sekitar 503 ribu juta ton dibandingkan 2017.

PBB pun langsung merespon surat tersebut dan mengkonfirmasi bahwa angka-angka tersebut sebagai data resmi pemerintah Korea Utara. Adapun jenis produksi pangan Korut yang mengalami penyusutan meliputi, beras, gandum, kentang, kedelai, dan kacang polong.

Dikabarkan pula, negara yang berbatasan langsung dengan Korea Selatan ini akan melakukan impor pangan sebesar 200 ribu ton makanan serta menargetkan produksi sekitar 400 ribu ton.

Tapi jumlah tersebut dinilai tidak akan mampu menutupi jumlah kekurangan pangan, di mana jatah makan harian akan dipotong hingga 300 gram per orang.

Menindaklanjuti surat tersebut, juru bicara PBB, Stephane Dujarric mengatakan, para pejabat Amerika Serikat (AS) dan sejumlah kelompok di Korut sedang berdiskusi tentang kekurangan pangan tersebut. Pasalnya, PBB dan kelompok bantuan hanya mampu membantu sepertiga dari kebutuhan pangan Korut.

Sebagai informasi, pada 2018, PBB memberikan dana bantuan sekitar 111 juta dolar AS kepada Korut untuk memenuhi kebutuhan pangan seperempat warga yang dipimpin oleh Presiden Kim Jong Un tersebut.

Lebih jauh Dujjaric mengungkapkan, PBB memperkirakan sebanyak 10,3 juta warga Korut membutuhkan pangan, yang lebih memprihatinkan lagi, 41 persen warga Korut ternyata mengalami kekurangan gizi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020