trubus.id
Sukses Kurangi Sampah Plastik, 10 Kota Ini Diberi 'Bonus' Rp93 Miliar

Sukses Kurangi Sampah Plastik, 10 Kota Ini Diberi 'Bonus' Rp93 Miliar

Syahroni - Kamis, 21 Feb 2019 21:00 WIB

Trubus.id -- Masalah sampah menjadi perhatian serius pemerintah. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menanggulanginya. Salah satu caranya dengan melakukan kebijakan pengurangan penggunaan plastik.

Pada tahun 2018 lalu, 10 Pemerintah Daerah (Pemda) dinilai berhasil melakukan kebijakan tersebut. Sebagai ganjarannya, ke 10 Pemda itu akan diberikan Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah Pusat.

Dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (21/2), Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengaku pemerintah telah menganggarkan Dana Insentif Daerah dengan total Rp93,83 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Baca Lainnya : Tragedi Leuwigajah, Sejarah Ditetapkannya Hari Peduli Sampah Nasional

Dana sebesar itu diakuinya akan disalurkan kepada 10 Pemda yang dinilai berhasil melakukan pengurangan penggunaan plastik pada tahun 2018. 

Ke 10 Pemda yang dimaksud antara lain adalah Kota Balikpapan, Kota Malang, Kota Banjarmasin, Kota Cimahi, Kota Surabaya, Kota Padang, Kota Depok, DKI Jakarta, Kota Bogor, dan Kota Makasar.

Sri Mulyani mengatakan DID diberikan karena prestasi pengelolaan sampah yang sudah berjalan. Kriteria Pemda yang bisa menerima dana insentif ini adalah terbitnya beberapa kebijakan yang bisa mendukung pengurangan sampah plastik.

Baca Lainnya : Peringati HPSN 2019, Warga Medan Belawan Kutip Sampah untuk Dijadikan Rupiah

"Jadi secara rata-rata setiap daerah bisa dapat Rp9,38 miliar karena kebijakan pengurangan sampah tahun ini. Ini untuk menjawab pernyataan yang selalu menyebut bahwa sampah adalah beban, sehingga kalau pemda bisa mengelola sampah dengan baik, ini dianggap juga sebagai kinerja yang baik," ujar Sri Mulyani, Kamis (21/2).

Sekadar informasi, tahun ini pemerintah mengalokasikan DID sebesar Rp10 triliun atau meningkat dari tahun sebelumnya Rp8,5 triliun. DID ini masuk ke dalam pos Transfer Keuangan Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp826,8 triliun tahun ini, atau meningkat dari tahun sebelumnya Rp766,2 triliun.

Dengan kebijakan ini, ia berharap makin banyak pemda berinisiatif menyusun peraturan daerah terkait pengelolaan sampah demi mengurangi konsumsi plastik. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020