trubus.id
Peringati HPSN 2019, Warga Medan Belawan Kutip Sampah untuk Dijadikan Rupiah

Peringati HPSN 2019, Warga Medan Belawan Kutip Sampah untuk Dijadikan Rupiah

Syahroni - Kamis, 21 Feb 2019 18:30 WIB

Trubus.id -- Dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari kali ini, masyarakat di Keluarahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, melaksanakan kegiatan mengutip sampah.

Lurah Belawan Bahari, Sonang Saing mengatakan, sampah-sampah yang dikutip tersebut akan mereka olah menjadi suatu hal yang dapat bermanfaat dan dapat digunakan oleh masyarakat.

“Sampah yang terkumpulkan kita pilah. Sampah basah akan diolah menjadi pupuk kompos, dan sampah plastik diolah menjadi paving blok,” kata Sonang, Kamis (21/2).

Baca Lainnya : Tragedi Leuwigajah, Sejarah Ditetapkannya Hari Peduli Sampah Nasional

Sonang menyebut, sampah plastik menjadi prioritas mereka. Nantinya sampah plastik akan mereka olah menjadi bahan baku untuk pembuatan paving blok, yang akan bernilai ekonomis bagi masyarakat.

“Dari segi ekonomi bisa berguna secara makro, artinya seluruh masyarakat bisa terlibat,” sebutnya.

Diungkapkan Sonang, pihaknya berharap tidak hanya mengumpulkan sampah. Diharapkan juga, masyarakat berperan aktif dengan mengantarkan sampah, sehingga masyarakat bisa memilih sampah untuk diolah.

Baca Lainnya : Sambut Hari Peduli Sampah Nasional, DLH Gunungkidul Sukses Kelola Bank Sampah

“Paving blok dari sampah plastik itu nantinya bisa menjadi pilot proyek untuk menjadi solusi menyelesaikan masalah sampah plastik,” ungkapnya.

Selain mengutip sampah di lingkungan sekitar, masyarakat di Kecamatan Medan Belawan juga mengadakan acara pungut sampah dengan menggunakan kapal. Mereka mengutip sampah dengan menggunakan kapal di enam kelurahan.

“Kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab bersama, baik pemerintah maupun masyarakat harus bersatu padu untuk menciptakan lingkungan sehat. Lingkungan sehat membantu seluruh elemen bisa berbuat dengan baik,” tandasnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020