trubus.id
Perkuat Ekonomi Kerakyatan, Pemerintah Teruskan Revitalisasi Pasar

Perkuat Ekonomi Kerakyatan, Pemerintah Teruskan Revitalisasi Pasar

Astri Sofyanti - Rabu, 20 Feb 2019 15:26 WIB

Trubus.id -- Revitalisasi pasar merupakan salah satu program utama pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Sampai tahun 2019 targetnya sebanyak 5.000 pasar rakyat di seluruh Indonesia.

"Kita menepati janji Presiden Jokowi untuk membangun 5.000 pasar," kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti saat memberikan keterangan pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (20/2).

Kementerian Perdagangan terus berkomitmen memperkuat ekonomi kerakyatan dengan melakukan program revitalisasi pasar rakyat. Tujuannya untuk memperkuat peran pasar rakyat dalam perekonomian.

Baca Lainnya: Penuhi Kebutuhan Pasar, Pemda DIY Gencarkan Pelatihan Petani Budidaya Ikan

"Pasar rakyat menjadi sektor penggerak perekonomian kerakyatan. Dengan dilakukannya revitalisasi, eksistensi pasar rakyat akan meningkat serta mampu berdaya saing dengan ritel moderen, sehingga ekonomi kerakyatan pun ikut terdongkrak," ujarnya.

Tjahya menambahkan, dengan adanya revitalisasi diharapkan pasar menjadi lebih bersih, sehat dan aman.

"Revitalisasi membuat akses pengunjung lebih mudah lagi, arus transportasi dan lalu lintas juga ikut diperbaiki," tambahnya.

Disampaikan Tjahya konsep revitalisasi pasar rakyat tidak hanya sekedar pembenahan secara fisik saja tapi juga mencakup non fisik terkait dengan pengelolaan pasar.

Baca Lainnya: Perpaduan 2 Budaya Betawi dan China Rayakan Imlek di Pasar Kaget Ikan Bandeng

"Pembenahan pasar secara fisik dapat meningkatkan citra dan meninggalkan kesan buruk terhadap pasar rakyat yang dahulu dianggap kumuh, becek dan kotor menjadi bersih, nyaman dan aman," lanjutnya.

Selain itu, diharapkan usai direvifalisasi barang-barang yang dijual harus ada seleksi komoditi, barang-barang tidak lagi kotor, misalnya sebelumnya bawang merah yang dijual di pasar masih ada akarnya, setelah pasar direvitalisasi sudah dibersihkan dari akar-akarnya saja. 

 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020