trubus.id
Gempa Terjadi dalam Waktu Berdekatan, BMKG Tingkatkan Pengawasan Gempa

Gempa Terjadi dalam Waktu Berdekatan, BMKG Tingkatkan Pengawasan Gempa

Astri Sofyanti - Jumat, 08 Feb 2019 14:30 WIB

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan pengawasan terhadap aktivitas gempa di Indonesia dengan bersiaga selama 24 jam penuh.

Terlebih aktivitas gempa belakangan ini disejumlah daerah seperti Mentawai, Morotai dan Gorontalo terjadi dalam waktu yang berdekatan.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, daerah tersebut merupakan kawasan rawan gempa. Menurutnya, gempa yang terjadi di wilayah itu dianggap sebagai kejadian yang wajar dan normal.

Baca Lainnya : BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Pasang Air Laut Tiga Hari ke Depan

"Sebenarnya aktivitas gempa yang disebut itu masih dalam taraf normal," terang Daryono di Kantor BMKG, Jakarta, Jumat (8/2).

Diakui Daryono, timnya selalu siaga untuk mengawasi aktivitas gempa dan memberikan informasi kepada masyarakat. 

"Kesiapan kita terus tingkatkan, petugas kami di BMKG selalu siaga 24 jam memonitor aktivitas gempa di Indonesia dan segera menginfokan kepada masyarakat," tambahnya.

Baca Lainnya : Kepala BMKG: Indonesia Terima Hibah 50 Sensor Gempa dari China

Dirinya mengatakan, guna memaksimalkan pengawasan, BMKG memastikan perangkat-perangkat beroperasi dalam kondisi prima. Selain itu, faktor akurasi juga menjadi perhatian penting dalam memantau aktivitas gempa.

"Kita akan memastikan semua peralatan monitoring, prosesing dan penyebarluasan (diseminasi) informasi gempa dan peringatan dini tsunami dalam kondisi prima. Kita akan terus pelihara supaya beroperasi dengan baik termasuk akurasinya," pungkasnya. [NN]
 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020