trubus.id
Ribuan IKM di Malang Ternyata Belum Kantongi Izin

Ribuan IKM di Malang Ternyata Belum Kantongi Izin

Thomas Aquinus - Kamis, 31 Jan 2019 18:30 WIB

Trubus.id -- Kabupaten Malang saat ini memiliki 23.701 Industri Kecil Menengah (IKM). Namun ternyata dari jumlah tersebut, sebanyak 1.977 IKM belum mengantongi izin.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Disperindag Kabupaten Malang Pantjaningsih Sri Redjeki, usai pelatihan kewirausahaan IKM di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (31/1). Perempuan yang akrab disapa Pantja ini mengungkapkan, mayoritas produk IKM belum mengantongi izin SIUP dan hak paten.

"Karena untuk mengurus persyaratan perizinan keduanya masih sulit," ujar Pantja.

Menurutnya, mayoritas IKM saat ini baru mengantongi izin PIRT karena pengurusannya sangat mudah.

Baca Lainnya : Kemenperin Pacu Desain dan Inovasi Kemasan IKM Melalui IID Awards 2019

Namun mayoritas IKM di Kabupaten Malang adalah makanan serta minuman olahan yang membutuhkan izin seperti halal dari MUI, PIRT, dan hak paten.

Selain itu, produk IKM juga harus mengurus perizinan Standar Nasional Indonesia (SNI). Menurutnya, produk SNI harus memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan.

"Sejumlah hal yang menjadi kriteria dalam SNI, seperti mutu atau kualitas produk, higienitas atau jaminan kesehatan serta jaminan keamanan," katanya.

Baca Lainnya : TNI Ajak Petani Olah Lahan Tidur di Sekitar Bandara Tasikmalaya

Untuk itu, melalui pelatihan ini, pihaknya terus mendorong seluruh IKM agar mengetahui betapa pentingnya mengurus perizinan.

Selain mendorong untuk mengurus perizinan, pihaknya juga terus membina pelaku IKM di Kabupaten Malang. Pelatihan kepada IKM semacam ini terus dilakukan oleh Desperindag. Disamping itu, Disperindag juga berupaya memberikan berbagai bantuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas IKM untuk berkembang. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020