trubus.id
Life » Jangan Digoreng, Begini Cara Terbaik Mengolah Ubi...
Jangan Digoreng, Begini Cara Terbaik Mengolah Ubi Jalar yang Kaya Gizi

Jangan Digoreng, Begini Cara Terbaik Mengolah Ubi Jalar yang Kaya Gizi

Ayu Setyowati - Rabu, 23 Jan 2019 08:00 WIB

Trubus.id -- Ubi jalar sangat mudah ditemukan di Indonesia, baik di pasar tradisional hingga supermarket. Berbagai jenis makanan ringan tradisional menggunakan tanaman bernama ilmiah Ipomoea batatas ini sebagai bahan utama, misalnya ubi goreng dan kolak. Selain rasanya yang lezat, ubi memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan, jumlah nutrisinya disebut lebih tinggi dari kentang.

"Semua sayuran akar, termasuk kentang, sangat bergizi dan sehat untuk Anda," kata ahli diet, Brigitte Zeitlin, kepada Time.

Baca Lainnya : Ubi Jalar, Mudah Didapat dan Simpan Manfaat Hebat

Menurutnya, ubi jalar lebih baik daripada kentang karena kalori dan kandungan karbohidratnya lebih rendah. Terlihat dari warnanya yang cerah.

"Secara umum, semakin banyak warna yang ditambahkan ke makanan, baik itu sayuran dan buah-buahan, sangat baik," kata ahli gizi lain, Yasi Ansari.

Baca Lainnya : Fakta Mengejutkan, Kubis Ternyata Bisa Menonaktikan Zat Beracun

Dibandingkan kentang, kandungan vitamin pada ubi jalar jauh lebih tinggi. Vitamin A memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan penglihatan. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), mengungkapkan jika satu ubi jalar menawarkan lebih dari 100 persen kebutuhan harian manusia akan vitamin A.

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020