trubus.id
Peristiwa » Anies: Denda Rp25 Juta Bagi Pengguna Plastik Krese...
Anies: Denda Rp25 Juta Bagi Pengguna Plastik Kresek Tidak Masuk Akal

Anies: Denda Rp25 Juta Bagi Pengguna Plastik Kresek Tidak Masuk Akal

Thomas Aquinus - Kamis, 10 Jan 2019 15:00 WIB

Trubus.id -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyatakan dirinya mengkaji ulang terhadap penerapan larangan sampah plastik di Ibu Kota. Menurut Anies, denda sebesar Rp25 juta bagi para penggunanya kurang masuk akal.

Dikatakan Anies, larangan penggunaan plastik yang dikeluarkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) mempunyai untuk mengubah perilaku masyarakat. Namun, Anies menilai Pergub dapat dijalankan bukan sekedar angka yang bombatis namun tidak terlaksana.

"Sanksi itu harus masuk akal, bisa dikerjakan, bisa mengubah perilaku. Kalau sanksi itu hanya bikin headline saja habis itu tidak bisa dilaksanakan buat apa," kata Anies.

Baca Lainnya : DLH Bekasi Sosialisasikan Dampak Plastik kepada Peritel

Dikatakan Anies, selama ini, aturan yang ada di wilayah Pemprov DKI Jakarta hanya bersifat anjuran saja. Tidak ada sanksi yang tegas dan mengikat dalam setiap aturan yang ada.

"Aturan Pemprov itu isinya kayak anjuran. Tidak ada sanksi yang jelas, konsekuensinya. Efeknya kalau mengikuti dan tidak, tidak ada bedanya," kata Anies.

Anies memastikan pihaknya mengeluarkan larangan penggunaan plastik. Namun, ia ingin memastikan setiap poin dalam Pergub yang dikeluarkan nanti memiliki penjabaran yang detail dan jelas, terutama sanksi yang tegas agar bisa merubah perilaku masyarakat.

Baca Lainnya : Wujud Cinta Terhadap Bumi dengan Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik

"Pergub harus menterjemahkan secara detail. Jadi saya tidak mau aturan yang dikeluarkan Pemprov tidak bisa diterapkan. Harus didetailkan, sanksi jelas. Yang pasti saya akan keluarkan pergub itu," pungkas Anies.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akan menjatuhkan denda sebesar Rp 5 juta hingga Rp 25 juta bagi warganya yang ketahuan menggunakan plastik kresek. Tak hanya para penyedia kantong kresek saja yang akan dikenakan denda, para penggunanya pun tak luput dari ancaman denda. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020