trubus.id
Emil Cari Solusi Pembenahan Citarum pada Pameran Dagang

Emil Cari Solusi Pembenahan Citarum pada Pameran Dagang

Binsar Marulitua - Senin, 31 Des 2018 16:00 WIB

Trubus.id -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyampaikan bahwa tetap berkomitmen untuk mencari solusi perbaikan sungai Citarum dengan berbagai cara dan peluang. Untuk menuangkan gagasan perbaikan sungai tercemar dunia tersebut, salah satu langkah yang diambilnya adalah menggelar Citarum Expo.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut mengatakan, sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Citarum, dia mengundang berbagai pihak untuk berkontribusi dalam Citarum Expo yang akan digelar pada Januari 2019. Di Jabar, Citarum, Ciliwung, Cisadane menjadi DAS yang masalah pembenahannya ada di wilayah tanggungnya. 
 
"Saya punya target lima tahun benahi Citarum. Semoga dengan kebersamaan, Citarum bisa kembali bermartabat," ujar Emil, Senin (31/12).

Baca Lainnya : Warga 11 Desa Tanam 1.000 Pohon di Sekitar DAS Citarum
 
Di Citarum Expo, setiap individu atau kelompok akan mencurahkan gagasan, ilmu pengetahuan, atau hal lainnya demi Citarum. Kemudian, hasilnya akan menjadi rencana aksi untuk Citarum selama lima tahun ke depan. Dengan kepemimpinan dan koordinasi yang dijahit sebaik mungkin, diharapkan setiap komponen dapat berjalan harmonis dan beriringan.

"Tidak kerja masing- masing. Sehingga sampai saat ini, belum begitu terasa perubahan di Citarum," tuturnya.

Emil menjelaskan bahwa pada 2009, Pemerintah Indonesia sudah mengidentifikasi 108 Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dinilai kritis. Namun, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2015-2019, pemerintah memprioritaskan 15 DAS yang akan dipulihkan terlebih dahulu. 
 
Dari 15 DAS prioritas, 6 di antaranya berada di Pulau Jawa, yakni Citarum, Ciliwung, Cisadane, Serayu, Bengawan Solo, dan Brantas. Sisanya tersebar di Pulau Sumatera, meliputi DAS Asahan Toba, Siak, Musi, Way Sekampung, dan Way Seputih; DAS Moyo di Nusa Tenggara Barat (NTB); DAS Kapuas di Pulau Kalimantan; serta DAS Jeneberang dan Saddang di Pulau Sulawesi. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

18 Feb 2020
18 Feb 2020
18 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya