trubus.id
Travel » Ini Alasan Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Naik
Ini Alasan Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Naik

Ini Alasan Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Naik

Binsar Marulitua - Kamis, 06 Des 2018 21:30 WIB

Trubus.id -- Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Marius Jelamu, mengatakan jika pemerintah provinsi bakal mengubah tarif masuk Taman Nasional Komodo (TNK). Hal tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap keunikan satwa purba komodo itu sendiri.

"Rencana kenaikan tarif ini sebagai bentuk apresiasi kita terhadap keunikan satwa komodo yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia," kata Marius di Kupang, Kamis (6/12).

Menurutnya, kenaikan tarif masuk bagi wisatawan berkaitan dengan rencana Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur ikut ambil bagian dalam pengelolaan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Lainnya : Tiket ke Komodo Capai US$ 500 Bagi Wisman, Lokal US$ 100

Pemerintah provinsi mematok nilai tarif masuk bagi wisatawan asing sebesar US$500 atau setara dengan Rp7,2 juta per orang. Untuk wisatawan nusantara, dipatok US$100 atau Rp1,4 juta per orang.

Dikatakan Marius, rencana kenaikan tarif merupakan hal yang wajar karena Taman Nasional Komodo tidak ada di belahan dunia manapun.

"Yang namanya unik dan langka pasti mahal harganya," jelasnya.

Ia menambahkan, "Kita tidak bisa menyamakan TN Komodo dengan taman nasional lain di Indonesia karena di sana, berdiam ribuan binatang purba raksasa komodo yang hanya satu-satunya di dunia".

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020