trubus.id
Peristiwa » Ponsel Bekas Kamu Ternyata Bisa Selamatkan Keberad...
Ponsel Bekas Kamu Ternyata Bisa Selamatkan Keberadaan Gorila

Ponsel Bekas Kamu Ternyata Bisa Selamatkan Keberadaan Gorila

Karmin Winarta - Kamis, 06 Des 2018 12:45 WIB

Trubus.id -- Keberadaan ponsel tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita, dari pagi sampai pagi. Karena tuntutan pekerjaan, hobi atau sekadar ingin eksis. Ada banyak alasan untuk terus mengganti ponsel, entah karena memang sudah rusak atau karena teknologi dan modelnya dianggap sudah usang.

Jika Trubus Mania mempunyai ponsel bekas, sebaiknya tidak dibuang begitu saja. Lebih baik disumbangkan ke salah satu organisasi gorila. Dengan menyumbangkan ponsel bekas, artinya kamu telah berperan dalam menyelamatkan keberadaan gorila di muka bumi ini. 

Baca Lainnya: Koko, Gorila yang Alhi Bahasa Isyarat Mati Diusia 64 Tahun

Bagaimana caranya?

Memang tidak secara langsung bisa menyelamatkan hewan langka yang sekarang statusnya sudah terancam punah ini. Namun setidaknya mampu menekan pertambangan yang memproduksi emas dan coltan yang dipakai di dalam handset. Para perusahaan tambang diharapkan akan mampu mengurangi jumlah lahan yang ditambang yang merupakan habitat gorila.  

Metro.co.uk menulis, diperkirakan sekitar 400 juta orang di seluruh dunia memiliki ponsel lama yang terabaikan. "Untuk setiap 30 hingga 40 ponsel yang didaur ulang, rata-rata, satu gram emas bisa diperoleh," kata ahli gorila dan penulis Dr Carla Litchfield. Sumber emas alami diperkirakan akan habis pada tahun 2030.

Baca Lainnya: Haru, Pertemuan Gadis Cantik dengan Gorila Setelah 12 Tahun Berpisah

Namun laporan yang diterbitkan di jurnal PLOS One ini menunjukkan tidak ada cukup fasilitas daur ulang ponsel di banyak negara.  Selain itu keamanan data juga menjadi isu kenapa orang menahan diri tidak mendaur-ulangkan ponsel bekasnya.

 "Masalah lainnya adalah, jika orang membuang ponsel lamanya ke tempat pembuangan akhir, para ponsel tersebut akan mengeluarkan gas beracun.

Diperkirakan saat ini kepunahan gorila Grauer mencapai 73% dan 93%. Kurang dari 4.000 ekor yang tersisa di alam liar. 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020