trubus.id
Peristiwa » Traveling Bersama Lansia, Perhatikan 6 Tipsnya 
Traveling Bersama Lansia, Perhatikan 6 Tipsnya 

Traveling Bersama Lansia, Perhatikan 6 Tipsnya 

Ayu Setyowati - Rabu, 07 Nov 2018 09:30 WIB

Trubus.id -- Tak hanya anak muda, wisatawan lanjut usia alias lansia ternyata juga merupakan pasar yang menguntungkan. Tak heran banyak hotel atau agen tur yang berfokus membuat kegiatan bagi turis lansia. 

Jauh dari pesta pora, kegiatan wisata untuk lansia biasanya semacam mengunjungi kebun buah hingga kelas yoga. Tujuan utamanya, wisatawan lansia diajak melepas penat di tengah ketenangan. Namun ketika umur telah lebih dari 50 tahun terdapat sejumlah hal yang patut diperhatikan sebelum traveling.

Baca Lainnya: Pencinta Hewan, Ini 7 Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi Saat Berlibur ke Singapura

Amerika Serikat memiliki panduan wisata khusus bagi penduduknya yang masuk dalam kategori lansia. Sampai saat ini belum ditemukan daftar serupa di Indonesia, namun panduan sederhana tersebut bisa ditiru bagi turis lansia di sini.

Mengutip CNN, berikut adalah beberapa hal yang patut diperhatikan untuk para lansia sebelum berwisata:

1. Periksa masa berlaku paspor

Tak hanya penting diperhatikan bagi lansia, hal ini juga penting bagi semua wisatawan yang ingin melancong ke luar negeri. Pastikan masa berlaku paspor setidaknya masih berada di atas enam bulan, sehingga terhindar dari urusan imigrasi yang merepotkan.

2. Beli asuransi

Tak ada salahnya membeli asuransi perjalanan wisata, terutama saat berkunjung ke destinasi wisata baru yang medannya menantang. Bagi turis lansia, informasikan ke agen asuransi mengenai kondisi kesehatan yang sedang dialami untuk memudahkan klaim jika terjadi hal yang buruk.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020