trubus.id
Banjir Bandang Landa Tasikmalaya, 2 Warga Hilang dan 4 Nyawa Melayang

Banjir Bandang Landa Tasikmalaya, 2 Warga Hilang dan 4 Nyawa Melayang

Syahroni - Selasa, 06 Nov 2018 19:45 WIB

Trubus.id -- Selasa (6/11) dinihari, banjir bandang tiba-tiba datang dan meluluhlantahkan 3 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Tak hanya merendam rumah dan infrastruktur seperti jembatan, banjir bandang juga sedikitnya merenggut 4 nyawa. Dilaporkan juga, 2 warga hingga kini masih dinyatakan hilang. 

Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya menyebut, 3 kecamatan yang terdampak banjir bandang itu adalah Kecamatan Cipatujah, Karang Nunggal dan Culamega. 

"Banjir yang sekarang ada di Karang Nunggal ada tiga desa. Jembatan putus lokasinya di Ciandum Ciheras. Kami sudah menurunkan perahu dan sejumlah personel untuk menangani banjir di Karang Nunggal," kata Kabid Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Ria Supriatna. 

Baca Lainnya : Sepekan Kedepan, Wilayah-wilayah Berikut Terancam Banjir Bandang

Ia juga mengamini adanya laporan orang hilang akibat kejadian itu. Tim BPBD sendiri sudah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan proses pencarian. Berbagai alat juga disiagakan, termasuk penyedot air, perahu karet, ekskavator.    

Sementara itu, berdasarkan data dari Basarnas Jabar diketahui ada 4 warga yang tewas akibat kejadian itu. Warga Kecamatan Culamega yang meninggal yaitu Elsa (10) dan Mardin (60), sedangkan Aning (50) masih dalam pencarian. 

Di Kecamatan Cipatujah tercatat dua orang tanpa identitas meninggal akibat hanyut terseret banjir Sungai Ciandum. Di Kecamatan Cikalong, seorang bocah, Fajar Fian (10), yang terbawa arus Sungai Ciloje masih dalam pencarian.

Baca Lainnya : Banjir Bandang Bisa Terdeteksi Jika Tanda-tanda Berikut Ini Diamati

"Empat orang meninggal dunia, dua orang dalam pencarian," kata Jubir Basarnas Jabar, Joshua Banjarnahor.

Menurut Joshua, sejumlah kawasan terdampak bencana tersebut. Banjir di Desa Bantarkalong, Kecamatan Cipatujah, mengakibatkan 3 rumah rusak dan 17 rumah terendam. Di Kampung Jajaway, Pasanggrahan dan Singkur, Desa Cipatujah, tercatat 15 rumah rusak dan 35 rumah terendam. Di Dusun Ciginting, Desa Ciandum, Kecamatan Cipatujah, puluhan rumah terendam.

"Rencana posko akan dibangun di dekat jembatan Ciadum Cipatujah," kata Joshua. [RN] 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020