trubus.id
Peristiwa » BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi di Perai...
BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Cilacap

BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Cilacap

Astri Sofyanti - Rabu, 24 Okt 2018 14:30 WIB

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang tinggi yang terjadi hingga 26 Oktober 2018 di perairan selatan Cilacap, Jawa Tengah.

Potensi gelombang tinggi diperkirakan BMKG lebih dari empat meter mengancam aktivitas pelayaran khususnya nelayan tradisional. Untuk itu, para nelayan yang berlayar disekitar perairan selatan Cilacap untuk meningkatkan kewaspadaan dan memperhatikan keselamatan saat melaut.

Menurut BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap, penyebab adanya potensi gelombang tinggi ini adalah angin timuran 37 kilometer/jam yang konsisten terjadi di daerah perairan barat Lampung, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, dan Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Banten.

Baca Lainnya : Gelombang Tinggi Ancam Nelayan Pantai Selatan Yogjakarta

"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut," kata prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap, Adnan Dendy Mardika di Cilacap Jawa Tengah Rabu (24/10).

Pihaknya menyebut, potensi gelombang tinggi berpeluang terjadi di perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo dan perairan selatan Jogjakarta.

Selain itu, ombak besar juga mengancam Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Jogjakarta.

Baca Lainnya : Lampung Berpotensi Terjadi Angin Kencang Hingga Gelombang Tinggi

Untuk itu, Adnan menegaskan, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni Perahu Nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), Kapal Tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m), Kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 m).

"Masyarakat, nelayan, dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di pesisir selatan Jawa harap mempertimbangkan kondisi tersebut," ungkapnya. [NN]


 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020