trubus.id
Mendag Siap Bantu Pemulihan Pasar Tradisional yang Rusak Akibat Gempa NTB

Mendag Siap Bantu Pemulihan Pasar Tradisional yang Rusak Akibat Gempa NTB

Astri Sofyanti - Senin, 22 Okt 2018 22:00 WIB

Trubus.id -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan, akan membantu proses pemulihan usai gempa yang mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya disektor yang berkaitan dengan perdagangan, salah satunya pasar-pasar tradisional yang rusak akibat gempa bumi. 

Rencana tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita yang mengatakan, kondisi pascabencana menjadi perhatian dari Kemendag. Ia mengaku sudah merencanakan untuk membangun atau memperbaiki kondisi pasar tradisional yang rusak akibat gempa di NTB.

"Begitu terjadi bencana, segera saya perintahkan, langsung saya sisir seluruh anggaran, saya pindahin anggaran untuk membangun pasar yang ada di sini," semaksimal mungkin," kata Enggar di Lombok Barat, NTB, Senin (22/10).

Baca Lainnya : Harga Telur Ayam Ikut Merosot, Ini yang Dilakukan Mendag 

Lebih lanjut Enggar mengungkapkan telah mengenal Gubernur NTB, Zulkieflimansyah sejak saat masih menjabat sebagai anggota DPR. Enggar mengaku akan membantu Zul dalam program rehabilitasi pasar yang rusak akibat gempa di NTB. Proses rehabilitasi pasar yang rusak harus dilakukan secepat mungkin agar roda perekonomian warga bisa berjalan normal kembali.

"Tadi saya juga sudah lapor dengan Pak Gubernur, kita akan segera duduk dengan Menteri PUPR. Untuk 2019 insyaAllah kami akan selesaikan seluruh pasar yang terdampak sehingga roda perekonomian NTB seperti permintaan Pak Gubernur bisa kita atasi sesegera mungkin, jangan sampai terlalu lama menunggu," ucapnya lagi.

Mengetahui rencana tersebut, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyambut positif bantuan Kemendag terkait rehabilitasi pasar yang rusak akibat gempa. Menurut Zul, pasar yang rusak akibat gempa menjadi salah satu prioritas utama bagi pemerintah untuk segera direhabilitasi. 

Baca Lainnya : Dirut Bulog Ingin Akhiri Perseteruan dengan Mendag Terkait Impor Beras

Meski begitu, ia mengaku belum mengetahui secara pasti rincian bantuan yang akan digelontorkan dari pemerintah pusat untuk rehabilitasi pasar di wilayahnya.

"Kita lihat ketersedian berapa dan berapa jumlahnya belum tahu, tapi diprioritaskan pada pasar yang terdampak gempa. Bukan hanya pasar yang kena bencana tapi di wilayah (lain) juga pasar memang butuh diperbaiki," tutup Zul. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020