trubus.id
Salak Khas Padangsidempuan, Gurih dan Renyahnya Patut Dicoba

Salak Khas Padangsidempuan, Gurih dan Renyahnya Patut Dicoba

Karmin Winarta - Senin, 22 Okt 2018 06:01 WIB

Trubus.id -- Salak menjadi salah satu buah yang wajib dicoba jika Trubus Mania sedang berada di Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara (Sumut). Buah ini memang terkenal sebagai buah khas Sidempuan, dan sangat cocok dijadikan buah tangan.

Hampir di berbagai tempat di Padangsidempuan bisa dijumpai para penjual buah Salak. Tak salah jika Padangsidempuan dijuluki sebagai Kota Salak.

Jika Trubus Mania ingin menikmati langsung dan penasaran dengan buah Salak yang ada di Padangsidempuan, kamu bisa membelinya di Jalan Lintas Padangsidempuan menuju Sibolga.

Di sana, puluhan pedagang berjejer menawarkan buah Salak dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu pedagang yang menjual Salak di jalan tersebut adalah Pane. Lebih dari 20 tahun pria yang memiliki empat orang anak ini sudah berjualan buah Salak. Salak yang dijualnya merupakan hasil kebunnya sendiri, yang berada tepat di belakang rumahnya.

“Saya memiliki kebun Salak sendiri, kemudian buahnya saya jual di pinggir jalan depan rumah saya,” katanya, Minggu (21/10).

Buah Salak yang dijualnya harganya cukup terjangkau, yaitu mulai Rp 10-ribuan per Kilogram. Biasanya harga tergantung dari besar kecilnya buah.

Salah seorang pembeli, Reny mengatakan, saat berkunjung ke Padangsidempuan memang target utamanya adalah membeli Salak.

“Salak di Padangsidempuan ini berbeda dari Salak yang lain. Rasanya tidak asam dan tidak terlalu manis seperti Salak Pondoh, tapi rasanya bikin nagih,” tuturnya.

Reny menerangkan, Salak Padangsidempuan memiliki daging yang tebal serta dan renyah saat digigit.

“Wajib sekali kalau ke Padangsidempuan belanja Salak. Apalagi harganya juga cukup terjangkau,” ungkap warga Kualatanjung, Batubara, tersebut. 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020