trubus.id
Hati-hati, Jangan Salah Pilih Merek Pakan Ikan Koi

Hati-hati, Jangan Salah Pilih Merek Pakan Ikan Koi

Diah Fauziah - Sabtu, 20 Okt 2018 09:00 WIB

Trubus.id -- Beberapa merek pakan ikan koi yang beredar menawarkan kelebihan formulasi gizi berbeda-beda. Tentunya, berkhasiat untuk ikan koi peliharaan Trubus Mania. Pakan ikan koi berbentuk butiran bulat, yang apabila disebarkan ke kolam akan mengapung. Nah, pakan seperti ini disebut pelet.

Ada tiga macam ukuran pakan ikan koi, yakni: kecil, sedang, besar. Pakan kecil atau small untuk ikan koi berukuran tiga hingga 20 sentimeter. Sementara pakan sedang atau medium, dipakai untuk memberi makan ikan koi berukuran sekitar 15 sentimeter.

Dan, pakan besar dipakai untuk koi berukuran 10 hingga 70 sentimeter. Mereka yang mengombinasikan ikan koi peliharaannya dalam satu kolam, biasanya hanya memakai pakan berukuran S dan L.

Baca Lainnya : 7 Tanda Ikan Koi Kamu Sakit

Sesuai dengan tujuannya, pakan ikan koi terdiri dari tiga jenis. Pakan untuk perawatan dan pertumbuhan setiap hari, pakan untuk mengeluarkan warna dan pakan khusus empat musim. Nah, pakan terakhir khusus tidak dipakai di Indonesia karena kita hanya ada dua musim saja.

Selain untuk pertumbuhan dan pencerah warna, ada juga pabrik pakan ikan koi yang menyisipkan obat anti penyakit. Itulah kenapa, beberapa merek pakan menawarkan formulasi nutrisi berbeda misalnya protein 35 persen, lemak 3 persen, karbohidrat 3 persen, abu 13 persen dan air 12 persen.

Pakan ikan koi juga dilengkapi unsur tambahan seperti chitin chitosan untuk peningkat imunitas, tepung ox bile sebagai peningkat fungsi hati, phospitan c. betain untuk meningkatkan metabolisme, vitamin E sebagai anti oksidan dan bawang putih untuk anti penyakit.

Trubus Mania, jangan salah pilih merek pakan untuk ikan koi kesayangan kalian ya! [DF]

 


 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020