trubus.id
Life » Teknik Pengolahan Menentukan Kadar Kafein dalam Ko...
Teknik Pengolahan Menentukan Kadar Kafein dalam Kopi?

Teknik Pengolahan Menentukan Kadar Kafein dalam Kopi?

Ayu Setyowati - Senin, 08 Okt 2018 21:31 WIB

Trubus.id -- Asupan kafein menjadi alasan orang minum kopi. Namun, seberapa banyak kafein dari jenis minuman kopi yang kini semakin beragam? Penelitian terbaru yang dikabarkan dalam laman news.com.au menemukan teknik mengolah kopi yang memiliki mengekstraksi jumlah kafein besar.

Penelitian yang digelar di Australia itu melihat lima jenis metode menyeduh kopi yang populer dan menemukan bahwa espreso mengandung konsentrasi kafein tertinggi. Peneliti sebelumnya mengukur kandungan kafein espreso, stovetop espreso, pour over atau filter brew, cold brew dan french press.

Hasilnya, minuman dengan kafein terkuat dengan teknik espreso yang mengekstraksi 4200 milogram kafein per liter. Berikutnya adalah cold brew dengan 2240 miligram per liter; diikuti metode stovetop, 2192 miligram kafein per liter; french press, 742 miligram per liter; dan pour over, 692 miligram per liter.

Baca Lainnya : Jangan Khawatir, Minum Kopi Lebih Banyak Manfaat daripada Mudaratnya

"Hasil dari penelitian ini adalah panduan untuk memahami teknik pembuatan kopi yang menghasilkan lebih banyak atau sedikit kafein. Memungkinkan konsumen untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang bagaimana mereka mengonsumsi kopi," kata project manager study di Crema Coffee Garage, Ravelle King.

Penelitian ini menggunakan biji kopi single origin asal Kolombia. Dipimpin oleh ahli kimia Universitas Newcastle, Dr. Ian van Altena. Ravelle menuturkan tidak ada ukuran porsi seragam untuk semua metode. Setiap minuman disajikan secara berbeda, namun jumlah kafein tetap meningkat setiap porsi.

"Ukuran porsi kecil yang direkomendasikan sebelum menambahkan air atau susu ekstra adalah 30 ml untuk espreso, 30 ml untuk stovetop, 60 ml untuk es kopi, 100 ml untuk french press dan 250 ml untuk pour over," kata Ravelle.

Baca Lainnya : Tak Harus Diminun, Menghirup Aroma Kopi Juga Bermanfaat bagi Otak

Ia melanjutkan, "Ukuran porsi yang direkomendasikan tiga cangkir espreso, lima cangkir stovetop espreso, dua cangkir cold brew, lima cangkir french press atau dua cangkir pour over. Asupan maksimum kafein yang disarankan ialah 400 mg per hari."

Ravelle merasa penting untuk mengontekstualisasikan kandungan kafein sehingga bisa menjadi panduan bagi penikmat kopi. Menarik! [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020