trubus.id
Peristiwa » LIPI Bantah Pesan Berantai Terkait Gempa Besar Seg...
LIPI Bantah Pesan Berantai Terkait Gempa Besar Segera Melanda Jakarta dan Bandung

LIPI Bantah Pesan Berantai Terkait Gempa Besar Segera Melanda Jakarta dan Bandung

Astri Sofyanti - Selasa, 02 Okt 2018 19:45 WIB

Trubus.id -- Peneliti Geologi Kegempaan Lembaga Imu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Danny Hilman Natawidaja mengungkapkan, informasi yang beredar di masyarakat dan di sosial media soal adanya imbauan terkait lempeng Jawa yang terus bergerak itu sama sekali tidak benar atau hoax. Dalam informasi tersebut beredar pesan yang mengingatkan potensi gempa berskala besar akan terjadi dalam waktu dekat di Pulau Jawa.

“Hal ini akibat meningkatnya aktivitas seismik dengan seringnya terjadi subduksi atau pergerakan lempeng selatan mulai dari Selat Sunda hingga timur Pulau Jawa,” ucapnya lagi.

Baca Lainnya : Siapkah Jakarta Menghadapi Gempa Bumi Megathrust M 8,7

Selain itu, Danny juga membantah pesan yang tersebar di masyarakat tersebut. Menurutnya, dalam pesan tersebut tertulis dua wilayah yang disebut berpotensi gempa berkekuatan besar yang akan terjadi dalam waktu dekat, yakni Jakarta dan Bandung.

“Yang banyak diberitakan media kan, potensi gempa itu dipelintir menjadi yang akan terjadi dalam waktu dekat. Itu yang salah. Kalau potensi ada, tapi tidak tahu kapan tepatnya. Misal di Bandung dalam waktu dekat atau Jakarta dalam waktu dekat, kita nggak tahu. Kalau potensi benar,” kata Danny saat ditemui di Kantor LIPI, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (2/10) kemarin.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan bahwa pesan berantai itu ada hoax, dan pihaknya sudah melakukan klarifikasi. Menurutnya, pesan berantai hoax seperti itu marak terjadi usai Lombok diguncang gempa bumi dahsyat beberapa waktu lalu.

"Kita sudah lakukan klarifikasi pesan berantai bukan hanya terkait Palu saja tapi sejak Lombok,” lanjut Danny.

Baca Lainnya : LIPI Akui, Belum Ada Teknologi yang Secara Akurat Bisa Prediksi Datangnya Gempa

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa memang benar akan potensi terjadinya gempa di Bandung dan Jakarta, namun tidak untuk waktu dekat dan tidak tahu kapan terjadinya.

“Itu sebenarnya bentuk jika kita tinggal di wilayah rawan gempa bukan potensi dalam waktu dekat,” tegasnya lagi.

Danny juga menekankan, prediksi terjadinya gempa itu sulit, bahkan belum ada satu teknologi pun yang bisa memprediksi kapan terjadinya gempa. [RN/SN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020