trubus.id
Life » Jangan Khawatir, Minum Kopi Lebih Banyak Manfaat d...
Jangan Khawatir, Minum Kopi Lebih Banyak Manfaat daripada Mudaratnya

Jangan Khawatir, Minum Kopi Lebih Banyak Manfaat daripada Mudaratnya

Ayu Setyowati - Selasa, 02 Okt 2018 22:30 WIB

Trubus.id -- Bagi pencinta kopi, sehari tanpa minum cairan pekat ini pasti terasa ada yang kurang. Tapi, penggemar kopi pun sepertinya sadar bahwa bergelas-gelas kopi yang diminum menyimpan bahaya bagi kesehatan. Para ahli sebenarnya belum sepakat tentang berapa takaran aman mengonsumsi kopi. Walau belum ada kesimpulan, namun berbagai studi tentang pengaruh kopi terus dilakukan.

Memperingati hari kopi international pada Senin (1/10) kemarin, tim peneliti dari University of Southampon di Inggris mengatakan jika sebenarnya, setiap orang bisa menikmati kopi cukup banyak dari jumlah yang sebelumnya dianggap aman, sekitar 4 cangkir.

Baca Lainnya : Wow, Ternyata Kopi Bermanfaat Buat Rambut

Alasannya sederhana. Manfaat keseluruhan mengonsumsi kopi lebih besar daripada risikonya, seperti misalnya tekanan darah tinggi. Menurut riset, minum tiga hingga empat cangkir kopi sehari justru mampu mengurangi risiko kematian dini yang disebabkan oleh berbagai faktor hingga 17 persen.

Bahkan, mereka yang minum hingga tujuh cangkir kopi sehari mampu mengurangi risiko kematian dini hingga 10 persen akibat penyakit jantung. Tentu saja manfaat ini tidak berlaku bagi semua orang, Trubus Mania.

Perempuan hamil, misalnya. Jika mengonsumsi kopi dalam jumlah tinggi, tentu sangat berbahaya bagi janin yang dikandungnya. Berdasarkan layanan kesehatan nasional Inggris, jumlah konsumsi kafein yang disarankan untuk perempuan hamil tidak boleh lebih dari 400 miligram kafein per hari, dengan asumsi secangkir kopi mengandung 100 miligram kafein.

Baca Lainnya : Kopi Dingin Lebih Sehat daripada Kopi Panas, Ini Faktanya 

Secangkir kopi filter mengandung 140 miligram kafein. Jadi, batas aman untuk mengonsumsinya adalah tiga cangkir kopi. Untuk teh, setiap cangkir mengandung kafein rata-rata 75 miligram. Jadi, batas aman untuk konsumsi teh adalah lima cangkir per hari.

Menurut Profesor Paul Roderick, salah satu peneliti, faktor seperti usia, gaya hidup merokok atau tidak serta intensitas olah raga yang dilakukan seseorang memiliki efek.

“Ada keseimbangan risiko dalam kehidupan. Dan, manfaat dari konsumsi kopi tampaknya lebih besar daripada risikonya,” pungkasnya. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020