trubus.id
Lewat Buku Terbitan Penebar Swadaya, Dr. Rita Ajak Masyarakat Jalani Hidup Sehat

Lewat Buku Terbitan Penebar Swadaya, Dr. Rita Ajak Masyarakat Jalani Hidup Sehat

Astri Sofyanti - Senin, 24 Sept 2018 17:15 WIB

Trubus.id -- Berkembangnya dunia kuliner di tanah air menjadikan masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial, melupakan kesehatannya sendiri. Karena terlalu sering menjelajah dunia kuliner, mereka sampai melupakan masakan rumah yang terjamin kesehatannya. Karena itu banyak penyakit yang mengintai mereka. 

Menurut ahli gizi, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.kes, makanan yang dijual di luar belum tentu aman dan sehat seperti makanan yang disajikan seorang ibu yang diracik dan diolah di dapur rumah mereka.

"Hal ini karena makanan yang paling bersih adalah makanan yang di masak sendiri di rumah," kata Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.kes kepada Trubus.id saat ditemui di Kalbis Intitut, Pulo Mas, Jakarta Timur, Senin (24/9).

Ia menambahkan, selain kebiasaan makan di luar, faktor lain yang menyebabkan seseorang jarang makan masakan rumah adalah karena keterbatasan waktu di rumahnya sendiri.

"Karena aktivitas masyarakat di luar lebih tinggi, karena budaya kerja kita semakin meningkat, jadi aktivitas masyarakat di luar rumah lebih lama dibanding di rumah. Jadi masyarakat sekarang cenderung lebih banyak makan di luar daripada menyempatkan makan di rumah," sambungnya lagi.

Lebih lanjut menurutnya, saat ini banyak juga keluarga yang tak lagi menyajikan makanan sehat di rumah. Sebagai praktisi gizi di Indonesia, salah satu cara Rita untuk mengajak masyarakat kembali menyukai makan di rumah adalah dengan cara memberikan edukasi dan menginformasikan kepada masyarakat akan pentingnya beragam makanan sehat di atas piring kita.

Untuk itu, saat ini Rita banyak menghabiskan waktunya menulis buku seputar gizi, mengatur pola makan, hingga cara efektif turunkan berat badan sebagai salah satu kampanye positif untuk mengajak masyarakat agar menjalani hidup sehat. Buku-buku yang ditulis Rita, sebagian besar diterbitkan oleh Penerbit Buku Penebar Swadaya.

Lebih lanjut dikatakan Rita, makanan yang sehat itu harus terdiri dari enam poin yakni, karbohidrat, lemak, protein, air, serat, vitamin. Ke enam komposisi ini yang paling dibutuhkan tubuh.

"Jika ingin hidup sehat, jangan pernah menumpuk radikal bebas di dalam tubuh kita," tutupnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020