trubus.id
Life » Kembang Bulan, Herba yang Mampu Sembuhkan Sakit Pe...
Kembang Bulan, Herba yang Mampu Sembuhkan Sakit Perut

Kembang Bulan, Herba yang Mampu Sembuhkan Sakit Perut

Karmin Winarta - Sabtu, 22 Sept 2018 10:00 WIB

Trubus.id -- Kembang Bulan, tumbuhan semak ini biasanya tumbuh di taman-taman atau hidup di alam liar, di lereng pegunungan atau dekat sungai. Tumbuhan berbunga indah ini mempunyai manfaat sehat bagi kita. Kembang Bulan atau paitan ini selain di manfaatkan sebagai obat tradisional, juga bagus untuk pakan ternak dan pupuk organik.

Hebatnya lagi, Kembang Bulan (Tithonia diversifolia) bisa dipakai sebagai pestisida alami untuk mengusir hama tanaman. Bagi para petani organik bisa memanfaatkan Kembang Bulan sebagai obat yang murah dan aman bagi lingkungan.

Baca Lainnya: Tidak Hanya Kuning, Ada Kunyit Putih yang Kaya Manfaat

Seluruh bagian Kembang Bulan bisa dimanfaatkan. Mulai dari bunga, kulit, daun , batang dan akarnya yang mengandung saponin, polifenol dan flavonoida. Kembang Bulan biasa dipakai untuk menyembuhkan sakit perut dan luka lebam.

Untuk mengobati luka lebam, ambil beberapa kelopak bunga dan remas-remas sampai halus lalu dioleskan pada luka yang mengalami lebam akibat benda tumpul atau sebab lain.

Baca Lainnya: Wangi, Tanaman Herbal Ini Mampu Usir Serangga

Jika Trubus Mania sakit perut, bisa juga memanfaatkan daun Kembang Bulan juga. Caranya cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun Kembang Bulan yang masih segar lalu rebus dengan dua gelas air lalu saring dan dinginkan. Minum sampai habis.

Kitab Tumbuhan Obat menulis, sampai sekarang belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya efek samping dengan minum tanaman ini, Namun tetap disarankan untuk tidak minum secara berlebihan. [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020