trubus.id
Peristiwa » KP2C: Pencemaran Sungai Cileungsi Sudah Sangat Par...
KP2C: Pencemaran Sungai Cileungsi Sudah Sangat Parah dan Libatkan Banyak Industri

KP2C: Pencemaran Sungai Cileungsi Sudah Sangat Parah dan Libatkan Banyak Industri

Ihsan Maulana - Rabu, 05 Sept 2018 19:15 WIB

Trubus.id -- Publik kembali dihebohkan dengan rentetan kasus pencemaran sungai. Yang terbaru, temuan pencemaran limbah di kali Cileungsi, Kabupaten Bogor awal bulan ini. Bau menyengat yang diiringi dengan air yang menghitam dan berbusanya kali ini dicurigai berasal dari pipa pembuangan limbah pabrik-pabrik yang ada di sepajang bantaran sungai. Tak pelak, warga bahkan habitat hewan di sungai itu paling terdampak parah.

"Pencemarannya sudah sangat parah, dan melibatkan banyak industri," buka Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C), Puarman kepada Trubus.id lewat sambungan telepon, Rabu (5/9).

Baca Lainnya : Misteri Saluran Siluman yang Bikin Kali Bekasi Tercemar Limbah

Ia menambahkan, pihaknya mencurigai terdapat 10-12 perusahaan yang berada di bantaran sungai telah membuang dengan sengaja limbah pabrik langsung ke aliran sungai tanpa melalui IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) terlebih dahulu.

Baca Lainnya : Sungai Bendung Kali Bekasi Terpapar Limbah, DLH Tunggu Kajian Labolatorium 

"Perusahaannya bermacam-macam, ada perusahaan tekstil, perusahaan makanan, perusahaan plastik. Dan yang paling parah itu perusahaan yang menanam pipa limbah di dasar sungai, itu nama perusahaannya kami tidak bisa sebutkan, karena sudah ada dalam penyelidikan instansi terkait," jelasnya.

Lebih lanjut, Puarman menegaskan saat ini pihaknya tengah menunggu hasil laboratorium, dari sampel air yang sudah diambil instansi terkait pada tanggal 28 Agustus 2018 lalu. Hasilnya baru akan diketahui 10 hari sejak pengambilan sampel tersebut. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020