trubus.id
Berenang di Pantai, Turis Ini Disengat Ikan Pari

Berenang di Pantai, Turis Ini Disengat Ikan Pari

Diah Fauziah - Rabu, 05 Sept 2018 21:30 WIB

Trubus.id -- Di musim panas seperti sekarang, ada banyak warga lokal dan wisatawan di China yang mengunjungi pantai untuk bersantai. Begitu juga dengan turis laki-laki ini yang diketahui sedang berlibur di Pulau Sanya, Sabtu (1/9) kemarin.

Sebuah video yang beredar memperlihatkan bagaimana pria tersebut terkapar kesakitan di atas pasir. Jika dilihat dengan teliti, ada seekor ikan pari di pasir tersebut. Pengunjung pantai yang khawatir, segera meminta bantuan.

Baca Lainnya : Aneh, Ikan Misterius Ini Punya Kelamin Ganda

Diketahui, selangkangan turis tersebut disengat tulang belakang ikan pari. Perlu diketahui, sengatan ikan pari menghasilkan racun yang bisa membunuh manusia.

Seseorang yang disengat ikan pari bisa berakibat fatal. Steve Irwing, pembawa acara TV asal Australia, meninggal dunia ketika jantungnya tertusuk tulang belakang ikan pari pada tahun 2006 lalu.

Menurut National Geographic, ikan pari adalah makhluk pasif yang umumnya ditemukan di pasir perairan dangkal pesisir. Hewan ini tidak menyerang manusia, tapi akan menggunakan tulang belakangnya untuk membela diri ketika diinjak.

Baca Lainnya : Mengenal Tingkah Laku Ikan Kerapu Tikus

Racun dari tulang belakang ikan pari dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Selain itu, seseorang yang disengat ikan pari, bisa kehilangan kesadaran dan juga mengalami lemah otot.

Beruntung, petugas pemadam kebakaran datang tepat waktu untuk menyelamatkan turis. Petugas memotong tulang belakang ikan pari dengan gunting, menurut media China. Setelah diberi pertolongan pertama, turis tersebut dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. [DF]

 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020