trubus.id
Amar, Si Penakluk King Cobra  Ini Pernah Terancam Maut oleh Piaraannya

Amar, Si Penakluk King Cobra  Ini Pernah Terancam Maut oleh Piaraannya

Karmin Winarta - Selasa, 04 Sept 2018 20:00 WIB

Trubus.id -- Menjadi ahli ular dan terbiasa menaklukkan King Cobra, bukan berarti membuat Muamar Syahida atau Amar tak pernah dipatok satwa melata itu. Dirinya hampir pernah menemui ajal dan dirawat beberapa hari di rumah sakit.

Hanya saja, yang mematok pria dipanggil Amar ini bukanlah King Cobra, melainkan Ular Hijau atau yang dikenal Ular Albolabris. Akibatnya hingga sekarang jempol kiri Amar tak berfungsi dengan baik.

"Mau diamputasi tapi saya tidak mau, makanya jari kiri saya tak berfungsi maksimal," kata pria 25 tahun kelahiran Solo itu, Selasa (4/9/2018) siang.

Menurut Amar, gigitan itu membuat sel daging di jempol kirinya mati dan terpaksa dibuang. Kini, jempol kirinya itu lebih kecil dari ukuran jari lainnya.

Cerita Amar, gigitan itu terjadi beberapa tahun lalu ketika dia bermain dengan Ular Albolabris. Ular berwarna hijau atau dikenal ular bangka laut ini menyerang jempol kirinya. Beruntung, gigitan ular yang sangat mematikan ini bisa cepat teratasi. 

Kawan-kawannya sesama pecinta reptil langsung membawa Amar ke rumah sakit. Sayangnya, kejadian ini membuat salah satu koleksi Amar berkurang. Sebab, ular itu langsung dibunuh teman Amar karena berusaha menyerang orang di sekitarnya.

 "Jempol saya membiru ketika digigit, lalu dibawa ke rumah sakit hingga dokter membuang sebagian dagingnya karena ada sel yang mati," jelas Amar. 

Sangat dekat dengan maut kala itu tak membuat Amar kapok. Dia kembali mengoleksi ular serupa dan masih dipeliharanya di kontrakannya di Jalan Umban Sari, Kecamatan Rumbai.

Meski pernah digigit, Amar tak pernah membuang taring setiap ular yang dikoleksinya. Kata Amar, membuang taring sama saja dengan membunuh ular secara perlahan.

"Taring menjadi alat konsumsi ular. Makanan yang dilahap tak bisa masuk ke perut ular tanpa ada bantuan dari taring. Fungsi taring itu mendorong makanan masuk ke perut ular," kata Amar. [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020