trubus.id
Peluang Ekspor 3Jenis Bunga Menggiurkan, MInat?

Peluang Ekspor 3Jenis Bunga Menggiurkan, MInat?

Ihsan Maulana - Selasa, 04 Sept 2018 10:00 WIB

Trubus.id -- Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi menyebutkan, tanaman hias khususnya bunga krisan, lily, dan anggrek, bisa menjadi peluang bisnis ekspor yang menjanjikan sekaligus menggiurkan.

"Tentu, bunga nusantara yang tidak kalah menarik dan bernilai ekonomis adalah bunga anggrek ya. Produksi anggrek sekitar 20 juta tangkai per tahun. Tahun 2017 bahkan kita bisa ekspor 43,3 ton anggrek," ungkap Suwandi, Selasa (4/9).

Baca Lainnya: Ade Andriyani: Bisnis Anggrek Peluang Sukses Sangat Besar

Hal ini dikatakan setelah beberapa waktu lalu meninjau langsung peluang bisnis tanaman hias bunga krisan, lily, dan anggrek, pada sentra budidaya dan pengembangan tanaman hias di Cianjur, Jawa Barat. Di sana, berbagai jenis benih bunga indukan impor seperti bunga lily juga dikembangkan.

Bunga lily dari pengembangan bibit indukan impor tersebut, sudah masuk ke pasar lokal yakni Jakarta dan Bali, dengan harga jual yang tergolong tinggi antara Rp100 ribu sampai Rp135 ribu per ikat.

Baca Lainnya: Tidak Biasa, Noken Spesial dari Kulit Anggrek Ini Harganya Rp10 Juta

Suwandi menambahkan, Indonesia dikenal sebagai salah satu pusat keanekaragaman genetik anggrek terbesar di dunia.

Seperlima dari total plasma nutfah anggrek dunia berada di Indonesia, termasuk beberapa jenis anggrek lokal yang tergolong langka seperti anggrek hitam Kalimantan dan anggrek Papua. Untuk itu, Kementan menilai upaya pemuliaan menjadi sangat penting untuk pelestarian spesies lokal. 

"Anggrek juga kami kembangkan melalui persilangan, baik dengan sesama spesies lokal, dan luar. Salah satu tujuan keanekaragaman ini adalah untuk memperbanyak jenis anggrek, dan untuk keperluan bisnis," tutupnya.[KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020