trubus.id
Pencak Silat, Olahraga Asli Indonesia yang Punya 7 Manfaat Sehat bagi Tubuh

Pencak Silat, Olahraga Asli Indonesia yang Punya 7 Manfaat Sehat bagi Tubuh

Ayu Setyowati - Jumat, 31 Agu 2018 21:00 WIB

Trubus.id -- Sudah 30 medali emas yang diraih kontingen Indonesia di Asian Games 2018. Jauh melebihi target awal, 16 medali. Tentu, prestasi ini sangat membanggakan. Dari 30 medali emas, cabang olahraga asli Indonesia, pencak silat, menyumbang 14 medali loh.

Ternyata, pencak silat punya banyak manfaat sehat bagi tubuh. Dikutip dari Health Fitness Revolution, inilah manfaat pencak silat, olahraga asli Indonesia bagi kesehatan.

Melatih Tubuh Secara Total

Pencak silat, olahraga aerobik tingkat tinggi yang memanfaatkan setiap otot di dalam tubuh. Stamina, bentuk otot, fleksibilitas, keseimbangan dan kekuatan tubuh akan meningkat secara keseluruhan jika Trubus Mania terbiasa berlatih pencak silat.

Baca Lainnya : Sumbang Emas Kedua, Inilah Manfaat Sehat Olahraga Beladiri Wushu

Meningkatkan Kepercayaan Diri, Konsentrasi dan Moral

Dalam pencak silat, pemain harus memiliki gol dan optimisme. Pencak silat juga menjunjung tinggi nilai respek, di mana pemain harus menghargai lawan. Bisa membantu menumbuhkan rasa percaya diri secara positif, di mana pemain akan merasa nyaman dan beradaptasi dalam situasi apapun. Mendorong pemain untuk bertindak di luar comfort zone mereka.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian, cara tepat untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular dengan berpartisipasi dalam aktivitas yang menimbulkan 'stres' pada jantung, seperti pencak silat.

Menurunkan Berat Badan

Berlatih pencak silat selama satu jam bisa membakar 500 kalori dalam tubuh. Jika rutin berlatih pencak silat, berat badan ideal lebih mudah didapatkan.

Baca Lainnya : Tubuh Butuh Protein yang Tidak Sedikit Usai Olahraga

Meningkatkan Refleks

Pencak silat mampu meningkatkan refleks. Pemain pencak silat memiliki refleks yang lebih cepat dalam aktivitas sehari-hari.

Terlatih untuk Fokus dan Tenang

Di balik pukulan dan tendangan yang ada di pencak silat, pemain harus memahami dan mencari kelemahan diri sendiri. Pemain pencak silat harus belajar cara menenangkan diri dan tetap fokus saat menghadapi lawan.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Dalam pencak silat, jumlah massa otot di dalam tubuh bisa ditingkatkan. Semakin tinggi massa otot, metabolisme tubuh semakin lancar. Bisa membakar lebih banyak kalori tubuh setiap harinya. So, it’s safe to say that pencak silat can prevent obesity. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

03 April 2020
03 April 2020
03 April 2020

Berita Lainnya