trubus.id
Tidak Cuma Pemerintah, Bhabinkamtibmas Juga Wajib Awasi Dana Desa

Tidak Cuma Pemerintah, Bhabinkamtibmas Juga Wajib Awasi Dana Desa

Ihsan Maulana - Selasa, 28 Agu 2018 18:30 WIB

Trubus.id -- Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Polres Lhokseumawe, Provinsi Aceh, kedepannya diminta pro-aktif untuk mengawasi penggunaan dana desa.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan menegaskan, pengawasan dana desa sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"Pengawasan dana desa merupakan upaya pencegahan terjadinya penyalahgunaan dana desa yang tidak sesuai dengan aturan. Ini sifatnya mencegah agar tidak menyalahi aturan," ujar Ari, Selasa (28/8).

Baca Lainnya : Mendes PDTT: Dana Desa Efektif Menurunkan Angka Kemiskinan

Ia menambahkan, dengan keikutsertaan anggota Bhabinkamtibmas dalam pengawasan dana desa merupakan salah satu langkah mengefektifkan pengunaan dana desa.

Hal ini diperkuat dengan adanya nota kesepahaman (MoU) antara Kapolri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa.

Baca Lainnya : Hingga 2018, Dana Desa Tersalurkan Rp187,65 Triliun

Ia meyakini, apabila pengunaan dana desa sesuai dan tepat sasaran, maka bisa berdampak pada pembangunan desa yang lebih baik, dari segi fisik maupun nonfisik, sehingga akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat desa.

"Oleh karena itu, Bhabinkamtibmas diperintahkan untuk melakukan pengawasan terhadap dana desa di wilayah tugasnya masing-masing agar dapat berjalan sebagaimana mestinya serta dapat mencegah terjadinya pelanggaran," tutupnya. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020