trubus.id
Life » Seram, Ilmuwan Temukan Zona Mati Lebih Luas dari S...
Seram, Ilmuwan Temukan Zona Mati Lebih Luas dari Skotlandia

Seram, Ilmuwan Temukan Zona Mati Lebih Luas dari Skotlandia

Ayu Setyowati - Minggu, 26 Agu 2018 11:00 WIB

Trubus.id -- Robot bawah laut yang menjelajahi lepas pantai Oman membuat penemuan yang mengejutkan minggu ini: zona mati terbesar di dunia, yang meliputi setidaknya ukuran Skotlandia dan mungkin lebih luas lagi. Sementara para ilmuwan sudah tahu bahwa ada zona mati di Teluk Oman, namun mereka tidak tahu seberapa buruknya itu sampai sekarang.

Para ilmuwan dari University of East Anglia dan Universitas Sultan Qaboos Oman meluncurkan robot bawah laut untuk menjelajahi zona mati, dan mereka mempublikasikan temuan mereka di Geophysical Research Letters. 

Baca Lainnya: Studi Terbaru, Ribuan Sampah Plastik Ada di Kedalaman 10.898 Meter di Bawah Laut

"Penelitian kami menunjukkan bahwa situasinya sebenarnya lebih buruk daripada yang ditakutkan - dan bahwa area zona mati sangat luas dan berkembang," kata Dr Bastien Queste, yang memimpin penelitian "The Ocean is Suffocating", seperti dikutip Inhabitat. 

Zona mati adalah tempat di mana oksigen habis karena perubahan iklim dan/ atau limpahan kimia dari daratan. Kehidupan laut membutuhkan oksigen untuk hidup, dan karenanya, di daerah-daerah ini, tidak ada yang bisa bertahan. 

Baca Lainnya: Langka, Kemunculan Paus Biru di Laut Merah

"Ini adalah masalah lingkungan nyata, dengan konsekuensi yang mengerikan bagi manusia, juga, yang bergantung pada lautan untuk makanan dan pekerjaan," kata Queste.

Robot berkelana 1.000 meter di bawah air di Teluk Oman dan menghabiskan delapan bulan untuk mengumpulkan data. Para robot mengetahui bahwa zona mati ada di antara kedalaman 200 dan 800 meter, menempati zona yang lebih besar dari kawasan Skotlandia, dan terus berkembang. Kecuali kita mengatasi masalah, hal ini bisa memiliki konsekuensi besar bagi kehidupan baik di dalam maupun di luar laut.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020