trubus.id
Life » Prancis Berencana Jual Botol Plastik Daur Ulang Le...
Prancis Berencana Jual Botol Plastik Daur Ulang Lebih Murah

Prancis Berencana Jual Botol Plastik Daur Ulang Lebih Murah

Ayu Setyowati - Jumat, 24 Agu 2018 17:00 WIB

Trubus.id -- Take that, plastics! Prancis telah mengumumkan rencana terbaru untuk menjual botol yang dibuat dengan plastik daur ulang lebih murah. Bagian dari rencana yang lebih besar untuk mengintensifkan peraturan penggunaan plastik, termasuk di antaranya meningkatkan pajak di TPA dan menurunkan pajak pertambahan nilai pada kegiatan daur ulang.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup, Junior Brune Poirson, pemerintah Prancis akan memperkenalkan langkah-langkah khusus untuk mengatasi masalah polusi plastik.

"Kita perlu mengubah ekonomi Prancis dengan meluncurkan sebuah gerakan yang akan diteliti dan diikuti oleh mitra Eropa kami," kata Junior.

Baca Lainnya : Tahun 2020, Prancis Larang Penggunaan Peralatan dari Plastik

Bagian dari gerakan ini adalah rencana untuk mengurangi harga produk yang dikemas dalam wadah daur ulang hingga 10 persen. Sistem diskon mendorong konsumen untuk mendaur ulang dengan menjadikan keberlanjutan sebagai opsi yang lebih terjangkau.

"Besok, ketika ada pilihan antara dua botol, dibuat dari plastik daur ulang dan tidak, harga botol pertama akan lebih murah," jelasnya.

Saat ini, Prancis memiliki tingkat daur ulang terburuk kedua di Eropa. Hanya 25,5 persen sampah kemasan plastik yang berhasil didaur ulang. Sebagai perbandingan, Jerman dan Belanda mendaur ulang sekitar 50 persen sampah plastik. Meski demikian, pemerintah Prancis berencana untuk mengubah tingkat daur ulang plastiknya menjadi 100 persen pada tahun 2025.

Baca Lainnya : Cangkang Kepiting Bisa Jadi Alternatif Pengganti Plastik Masa Depan 

Veolia dan Suez, perusahaan daur ulang pembangkit tenaga listrik di Prancis, telah lama menyerukan perubahan peraturan yang akan memberikan dorongan untuk bisnis. Perusahaan kecil juga ikut terlibat, misalnya Prancis E.Leclerc, telah berjanji untuk menghapus penjualan plastik yang dibuang dan menggantinya dengan alternatif ramah lingkungan seperti bambu.

Saat ini, perusahaan tersebutu sedang menguji sistem poin loyalitas bagi pelanggan yang menyimpan botol plastik dan gelas di beberapa outlet toko. It’s a good move! [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020