trubus.id
Life » Bolivia Ciptakan Area Sarang Buatan untuk Burung M...
Bolivia Ciptakan Area Sarang Buatan untuk Burung Makaw yang Hampir Punah

Bolivia Ciptakan Area Sarang Buatan untuk Burung Makaw yang Hampir Punah

Ayu Setyowati - Jumat, 24 Agu 2018 14:00 WIB

Trubus.id -- Makaw leher biru (Ara glaucogularis), spesies paling terancam punah di Bumi. Hanya tersisa 300 ekor di alam liar. Lantaran itu, organisasi konservasi Bolivia, Asociación Armonía, yang melakukan kerja sama dengan American Bird Conservancy, the International Conservation Fund of Canada, IUCN Netherlands dan the World Land Trust, menciptakan area sarang buatan yang dilindungi untuk makaw leher biru.

Sejak abad lalu, jenis makaw yang indah ini telah menurun populasinya. Akan tetapi, berkat pembelian lahan seluas 1.680 hektare di Bolivia oleh organisasi tersebut, burung langka tersebut mengalami pemulihan, meski lambat.

“Meningkatkan populasi makaw leher biru lebih mungkin sekarang karena Armonía telah mengamankan situs penting ini sebagai cadangan,” kata Rodrigo Soria, Direktur Eksekutif Asociación Armonía tentang pembebasan tanah.

Baca Lainnya : Di Taman Bermain Ini, Burung Gagak akan Dipekerjakan Sebagai Pemungut Sampah

Situs ini terletak di savana Beni Bolivia pusat. Berada dalam kombinasi dengan Cagar Alam Barba Azul yang ada, menyediakan 28.862 hektare lahan lindung untuk penduduk bersayap biru itu.

Untuk mengenang Rickman, pendiri badan non profit Bird Endowment, American Bird Conservancy dan Asociación Armonía telah berjanji untuk mencocokkan kontribusi apapun ke Laney Rickman Blue throated Macaw Fund. Tidak tanggung-tanggung, totalnya mencapai US$100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar pada tahun 2018.

Dana ini bertujuan untuk menyediakan dukungan penting untuk pengelolaan cadangan dan konservasi habitat demi memastikan kesuksesan program. Well, mudah-mudahan akan ada badan konservasi di negara kita yang seserius ini ya, Trubus Mania. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020