trubus.id
Terlantar, Venue Olimpiade Beijing 2008 Masih Jadi Magnet Turis

Terlantar, Venue Olimpiade Beijing 2008 Masih Jadi Magnet Turis

Ayu Setyowati - Jumat, 24 Agu 2018 13:30 WIB

Trubus.id -- Sudah 10 tahun sejak China menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2008. Satu dekade kemudian banyak tempat dan struktur terkenal Beijing yang digunakan untuk kompetisi ditinggalkan.

Banyak yang dibangun secara khusus untuk Olimpiade - sangat tidak populer, penduduk banyak yang direlokasi dan bangunan-bangunan diratakan demi untuk membuat ruang bagi infrastruktur kompetisi tersebut.

Fotografer Greg Baker, dikutip dari CNN, menangkap peninggalan yang menakutkan dalam serangkaian foto-foto terbaru. Dalam gambarnya, rumput-rumput tumbuh secara liar di dalam stadion Voli Pantai, jalur cepat dipenuhi dengan sampah dan alam telah mereklamasi jalur BMX - dengan orang-orang bahkan menanam sayuran di garis finish yang dulu.

Baca Lainnya: Pertama Kali, Bus Tanpa Awak Mengaspal di China, Ramah Lingkungan?

Di tempat lain, Fuwa - maskot berwarna cerah dan menggemaskan dari game 2008 - hanya terbengkalai di belakang pusat perbelanjaan yang tak pernah selesai.

Era baru?

Beijing akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin tahun 2022 mendatang - menjadikan kota ini yang pertama dalam sejarah Olimpiade sebagai tuan rumah untuk acara musim panas dan musim dingin sekaligus.

Baru-baru ini Beijing juga mengadakan kompetisi yang mengundang orang-orang untuk mendesain maskot Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade 2022.

Hal ini juga berarti bahwa beberapa tempat yang digunakan dalam Olimpiade 2008 akan dialihkan untuk acara 2022.

Baca Lainnya: Piramida China, Reruntuhan Makam Mewah Kekaisaran Xia Barat

Tidak semua bangunan ditinggalkan - stadion Bird’s Nest masih menjadi magnet turis dan akan digunakan untuk upacara Pembukaan dan Penutupan pada tahun 2022 nanti.

Pusat Aquatics Nasional Beijing - yang disebut Water Cube - juga akan direvitalisasi dan akan menjadi "Ice Cube" sebagai gantinya.

Hanya waktu yang akan memberitahu apakah tempat ini akan mencetak sejarah baru. Sementara itu, mereka adalah pengingat menakutkan dari olahraga musim panas yang telah berlalu.

Akankah menjadi era baru? We’ll see.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020