trubus.id
Life » Penting, 7 Alat Berkebun Wajib Punya bagi Pemula
Penting, 7 Alat Berkebun Wajib Punya bagi Pemula

Penting, 7 Alat Berkebun Wajib Punya bagi Pemula

Ayu Setyowati - Jumat, 24 Agu 2018 06:00 WIB

Trubus.id -- Gardening makes you feel good, makes you happier. Pernah mendengar ungkapan itu? Well, menurut sebagian orang memang demikian adanya.

Membuat kebun sendiri dan merawatnya di rumah bisa menjadi kegiatan yang efektif untuk mengisi waktu luang. Selain itu, bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Menurut Centers for Disease Control, setengah jam di kebun bisa membakar antara 150 hingga 300 kalori, loh!

Keuntungan lain dari berkebun, Trubus Mania bisa membuat area di sekitar pekarangan rumah menjadi lebih indah dan segar karena tanaman dapat menyaring udara kotor dan menangkal radikal bebas yang ada di udara.

Bagi kamu yang baru memiliki keinginan untuk membuat kebun sendiri, mungkin masih bingung peralatan apa saja yang diperlukan agar kegiatan berkebun bisa berlangsung lancar tanpa hambatan.

Baca Lainnya : Jangan Sepele, Ini 4 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Sebelum berburu peralatan berkebun di akhir pekan, tak ada salahnya mengetahui tujuh peralatan wajib yang perlu dimiliki untuk mempermudah aktivitasmu berkebun.

1. Alat Pangkas

Sangat berguna untuk memotong tumbuhan atau semak belukar yang mengganggu di pekarangan rumah. Berfungsi juga sebagai alat untuk merapikan bentuk tanaman yang tak beraturan. Pastikan alat pemangkas yang akan digunakan memiliki pisau yang tajam dan tidak berkarat. Pemangkas tumpul hanya akan menyulitkan saat memotong tanaman.

2. Sekop

Berfungsi untuk membuat lubang kecil pada tanah. Buatlah beberapa lubang untuk menanam berbagai tanaman yang diinginkan. Bisa dimanfaatkan untuk mengaduk semen.

3. Cangkul

Berguna ketika ingin membuat lubang yang lebih besar di tanah. Memudahkan kalian saat ingin menanam pohon berukuran besar di pekarangan rumah. Ingat ya, alat ini juga membutuhkan tenaga yang besar.

Baca Lainnya : Berkebun Kekinian, Panen Labu Madu di Teras

4. Selang

Jangan lupakan selang air untuk menyirami seluruh tanaman yang ada di kebun. Kamu tak ingin tanaman mati karena kekurangan air, kan?

5. Ember Plastik

Tidak sekadar dipakai untuk menyimpan tanah, ember plastik bisa digunakan untuk menaruh daun kering, menyimpan air, atau pot sementara.

6. Pengatur Kelembapan

Berguna untuk mengetahui tanaman yang akan ditanam, apakah perlu disiram atau tidak. Alat ini mudah ditemukan di berbagai toko peralatan berkebun.

7. Sarung Tangan

Pastikan untuk selalu melindungi tanganmu dengan sarung tangan. Tak hanya melindungi tangan agar tetap bersih, namun menjaga tangan agar tidak mudah terluka ketika menggunakan alat-alat tajam. Gunakan sarung tangan dari karet yang memudahkan kalian saat memegang benda-benda licin.

Baca Lainnya : Karena Foto Pria Ganteng Ini Banyak Orang Ingin Berkebun, Kok Bisa?

Tips Membeli dan Menyimpan Alat Berkebun

  • Jika beberapa alat terasa terlalu berat dan bisa berisiko membuatmu cedera atau jika gagang terlalu panjang dan besar, carilah pegangan bentuk D pada alat-alat berpori pendek seperti sekop dan garpu penggali karena lebih mudah digunakan.
  • Pilih alat dengan pegangan kayu atau yang berlapis logam karena kuat dan tidak terlalu berat. Gagang tubular steel dan fiber glass, yang digunakan pada alat-alat profesional, umumnya terlalu berat dan mahal, kecuali kalian landscapers profesional
  • Simpan alat dengan benar. Alat-alat dengan handle panjang harus digantung dengan rapi pada rak pasak, yang akan melindungi tepian dari tumpahan. Alat berkebun dengan handle pendek dapat disimpan dalam tas atau ember.

Selamat berkebun, Trubus Mania! [DF]


 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020