trubus.id
Life » Di Taman Bermain Ini, Burung Gagak akan Dipekerjak...
Di Taman Bermain Ini, Burung Gagak akan Dipekerjakan Sebagai Pemungut Sampah

Di Taman Bermain Ini, Burung Gagak akan Dipekerjakan Sebagai Pemungut Sampah

Ayu Setyowati - Selasa, 21 Agu 2018 21:00 WIB

Trubus.id -- Jutaan tempat sampah rasanya tak akan cukup jika masih banyak turis yang gemar membuang sampah sembarangan. Demi mengurangi sampah di kawasannya, pengelola taman bermain Puy du Fou di kawasan Les Epesses, Prancis, berencana untuk mempekerjakan enam ekor burung gagak sebagai pemungut sampah.

Dikutip dari CNN, burung gagak dipilih karena sejumlah penelitian mengatakan kalau mereka memiliki tingkat inteligensi yang cukup tinggi. Sebelum bekerja, enam ekor burung gagak tersebut akan dilatih khusus terlebih dahulu.

Christophe Gaborit, sang pelatih, mendapat inspirasi untuk mempekerjakan burung gagak setelah percobaannya pada tahun 2000 berhasil. Burung gagak yang dipeliharanya rajin memungut sampah dengan imbalan makanan. Selain itu, Christophe juga merancang tempat sampah yang bisa otomatis memasukkan sampah dan memberikan makanan setelah burung mendarat di atasnya.

Baca Lainnya : Keren, Taman Burung Jurong Singapura Punya Spesies Burung Purba

Bos taman bermain Puy du Fou, Nicolas Villiers, berjanji jika pihaknya akan memperlakukan burung gagak dengan sangat layak dan baik.

"Burung-burung itu pekerja keras. Mereka bisa memenuhi satu tempat sampah hanya dengan waktu 45 menit," kata Nicolas kepada Telegraph.

Tak cuma mempekerjakan burung gagak, Nicolas juga membuat aturan baru berupa kupon makan bagi petugas kebersihan yang paling rajin mengumpulkan sampah setiap harinya.

Hmm, menurut kamu, ini termasuk animal abuse atau bukan, Trubus Mania? [DF]


 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020