trubus.id
Life » 100 Ton Sampah Berhasil Dikumpulkan dalam Gerakan...
100 Ton Sampah Berhasil Dikumpulkan dalam Gerakan Menghadap Laut

100 Ton Sampah Berhasil Dikumpulkan dalam Gerakan Menghadap Laut

Diah Fauziah - Selasa, 21 Agu 2018 15:00 WIB

Trubus.id -- Gerakan Menghadap Laut yang dilakukan serentak pada Minggu (19/8) kemarin, berhasil mengumpulkan sampah lebih dari 100 ton. Awalnya, gerakan tersebut diadakan di 73 lokasi saja. Namun, karena antusiasme yang besar, ada banyak komunitas yang terlibat.

"Perkiraan kami, acara itu diikuti lebih dari 5.000 orang. Total, sampah yang dikumpulkan lebih dari 100 ton," kata Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (21/8).

Baca Lainnya : Sampah Plastik yang Dihancurkan Bisa Timbulkan Gas Rumah Kaca

Di Bitung, Sulawesi Utara, Gerakan Menghadap Laut dipimpin langsung oleh Susi. Sementara itu, Kaka Slank memimpin di Makassar, Sulawesi Selatan. Lain halnya dengan Semarang dan Gorontalo, yang dipimpin langsung oleh setiap kepala daerah.

Susi berharap jika kegiatan ini dapat terus diadakan tiap tahun, di mana setiap tanggal 19 Agustus, dapat didedikasikan untuk membersihkan sampah di pantai dan laut.

"Semoga ini menjadi budaya baru bangsa Indonesia yang cinta kebersihan dan kenyamanan. Bukan pula yang pertama dan terakhir," jelasnya.

Baca Lainnya : Amerika Kelimpungan karena China Tak Lagi Impor Sampah Daur Ulangnya

Gerakan Menghadap Laut digagas Susi untuk menunjukkan kepedulian terhadap kawasan perairan dengan cara memungut sampah, terutama limbah plastik dan benda lainnya yang tidak bisa didaur ulang.

"Aksi ini untuk memperingatkan berbagai pihak tentang bahayanya sampah plastik di lautan. Apalagi, pada tahun 2025 mendatang, Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan," tutur Susi. [DF]

 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020