trubus.id
Akankah Krisis Ekonomi Turki Berdampak ke UMKM RI? 

Akankah Krisis Ekonomi Turki Berdampak ke UMKM RI? 

Ihsan Maulana - Rabu, 15 Agu 2018 18:00 WIB

Trubus.id -- Krisis keuangan Turki saat ini menggemparkan dunia. Krisis ekonomi yang disebabkan kemerosotan nilai mata uang Turki, Lira ini dirasa banyak pihak akan memberi dampak terhadap perekonomian RI.

Terlebih, dengan melemahnya nilai tukar Rupiah sampai menembus level Rp14.600 per USD, yang membuat berbagai sektor usaha di dalam negeri lambat laun bisa terdampak. Salah satunya adalah para pelaku UMKM.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih menepis, jika krisis keuangan yang sedang melanda Turki tidak akan berpengaruh pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia.

Baca Lainnya: UKM Expo Solo Targetkan Produk Kelurahan Go Nasional

"Turki itu berbeda dengan kita, fundamental kita sudah cukup bagus. Jadi, ya tidak akan terpengaruh IKM kita," ujar Gati kepada wartawan, Rabu (15/8).

Ditjen IKM Kemenperin, menegaskan jika mereka akan tetap pada target yang dicanangkan, dengan pertumbuhan kinerja IKM di atas 10 persen hingga akhir 2018. Atau meningkat dibanding capaian kinerja tahun lalu yang berada di angka 9 persen.

"Kemenperin akan berupaya mendorong pertumbuhan kinerja IKM, melalui penggunaan sistem berbasis data yang mengintegrasikan sentra dan produk IKM dengan marketplace lokal," lanjutnya.

Sementara, beberapa sektor IKM unggulan yang menjadi andalan sepertiperhiasan, alas kaki, serta makanan dan minuman.[KW]

 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020