trubus.id
Peristiwa » Miris, Balita 2 Tahun Asal Sukabumi Sudah Kecandua...
Miris, Balita 2 Tahun Asal Sukabumi Sudah Kecanduan Rokok

Miris, Balita 2 Tahun Asal Sukabumi Sudah Kecanduan Rokok

Ihsan Maulana - Rabu, 15 Agu 2018 14:15 WIB

Trubus.id -- Kasus balita yang kecanduan rokok kembali terjadi di Indonesia. Kali ini giliran RF korbannya. Mirisnya, pihak keluarga balita berusia 2 tahun asal Kampung Pondok Anyar, Rt 04/4, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi sudah kehabisan akal untuk menghentikan kebiasaan berbahaya itu.

Keluarga RF menceritakan, kebiasaan merokok balita kelahiran 17 Oktober dua tahun silam itu berawal dari perilakunya yang suka memungut puntung rokok di depan rumahnya. Selanjutnya, ia pun mencoba menghisap puntung rokok itu. Kejajdian itu terus berulang hingga akhirnya ia menjadi ketagihan.

Baca Lainnya : Merokok Melukai Hati Keluarga

"Iya, memang awalnya dia mungutin puntung rokok, awalnya dia makan sisa puntung itu. Setelah melihat orang lain menghisap mungkin kelihatan enak, dia ngikutin," ungkap Arsiti, nenek RF kepada wartawan, Rabu (15/8).

Ia menambahkan, dalam sehari cucunya itu bisa menghisap dua sampai tiga batang rokok. Namun apabila dilarang, RF justru mengamuk dan menangis.

"Sehari bisa hisap dua sampai tiga batang rokok, kalau mau merokok biasanya baru dikasih karena dia marah. Sudah kecanduan," tambahnya.

Sang ayah, Misbahudin menambahkan, putra ke empatnya ini selalu merajuk minta diantar ke warung saat keinginannya untuk merokok muncul.

Baca Lainnya : Prihatin Tehadap Perokok Anak, Ini yang Dikampanyekan Forum Anak Jatinegara

"Dia  merengek minta diantar ke warung beli kopi dan rokok, kalau saya menolak dia mengamuk," paparnya.

Parahnya, Misbahufin menyebut, RF juga kerap meminta rokok ke orang lain yang lebih dewasa, bila keinginannya untuk merokok tidak dipenuhi keluarga.

"Benar, kalau ada orang dewasa kelihatan merokok saja, sama anak saya pasti diminta. Keluarga sudah kehilangan cara untuk menghentikan kebiasaannya itu, pernah saya coba mengambil rokok yang sedang dia hisap akhirnya dia menangis," tutupnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020