trubus.id
Life » Diserang Kuda Nil di Danau Naivasha, Turis Taiwan...
Diserang Kuda Nil di Danau  Naivasha, Turis Taiwan Tewas

Diserang Kuda Nil di Danau Naivasha, Turis Taiwan Tewas

Diah Fauziah - Rabu, 15 Agu 2018 07:00 WIB

Trubus.id -- Seekor kuda nil menyerang dan membunuh seorang turis dari Taiwan yang mengambil foto di tepi Danau Naivasha. Pria itu dinyatakan meninggal dunia saat tiba di Rumah Sakit Distrik Naivasha, sementara seorang turis lainnya selamat dari serangan pada Sabtu (11/8) malam, menurut Layanan Margasatwa Kenya.

"Saat ini, kami masih melacak kuda nil tersebut," ucap perwakilan dari Margasatwa Kenya pada Minggu (12/8) melalui Twitter.

Pihak dari Margasatwa Kenya mengidentifikasi turis yang tewas sebagai Chang Ming Chuang (66 tahun), dan yang selamat ialah Wu Peng Te (62 tahun). Menurut mereka, kedua turis berasal dari China. Namun, Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan dua orang tersebut berasal dari Taiwan, bukan China.

Baca Lainnya : Mengenaskan, Ratusan Kuda Nil Mati Akibat Wabah Antraks

Lantaran tidak memiliki perwakilan di Kenya, Kementerian Taiwan mengirim seseorang dari kantor perwakilannya di Afrika Selatan. Sementara itu, Kedutaan China di Nairobi telah mengirimkan diplomatnya ke lokasi kejadian.

"Merupakan tugas yang tak tergoyahkan dari Pemerintah China untuk memberikan layanan perlindungan konsuler kepada rekan-rekan dari Taiwan," kata juru bicara Kedutaan China, dikutip dari Xinhua, kantor berita resmi China.

Baca Lainnya : Tidak Lagi Cokelat, Jerapah di Kenya Berwarna Putih

Surat kabar Kenya's Star mengatakan jika tingkat air yang lebih tinggi dari normal menyebabkan kuda nil berkeliaran dari danau ke peternakan di dekat Naivasha, kota dengan jarak 90 kilometer barat laut dari Nairobi.

Setelah musim kemarau yang parah tahun lalu, Kenya mengalami hujan deras selama beberapa bulan sepanjang tahun 2018, menyebabkan banjir serius, termasuk di sekitar Danau Naivasha, lokasi di mana dua turis asal Taiwan diserang satwa liar tersebut. Pariwisata merupakan sumber utama devisa Kenya, di mana 1,5 turis mengunjungi negara ini, menurut kementerian pariwisata. [DF]


 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020