trubus.id
Gelombang Panas Bikin Nyamuk di Finlandia Hilang?

Gelombang Panas Bikin Nyamuk di Finlandia Hilang?

Ayu Setyowati - Jumat, 10 Agu 2018 20:30 WIB

Trubus.id -- Musim panas dengan suhu yang luar biasa tinggi telah melenyapkan populasi nyamuk di Finlandia. Tapi sayang, bukan sesuatu yang baik lantaran hama pengisap darah lainnya justru berkembang biak.

Catatan meteorologi di Benua Eropa ini memecahkan rekor. Bahkan, para ahli Finlandia mencatat bahwa negara mereka mengalami rekor dengan cuaca terpanas pada Juli lalu. Ada kota yang mengalami panas hingga 33,7 Celcius. Uniknya, cuaca panas yang ekstrem itu malah membuat nyamuk lenyap di berbagai wilayah di Finlandia.

Baca Lainnya : 7 Alasan Kenapa Harus Berlibur ke Finlandia, Negara Terbaik di Dunia

Genangan Air Mengering

Dr Jukka Salmela dari Universitas Lapland mengatakan, "Tempat berkembang biak nyamuk seperti tambak dan genangan air di daerah Lapland, sebagian besar telah mengering. Inilah yang membuat larva nyamuk jauh menurun karena kekurangan tempat bertelur."

Hama Lain Berkembang

Meski begitu, ahli hama ini memperingatkan jika hilangnya nyamuk jangan membuat penduduk Finlandia bergembira lantaran kondisi tersebut justru dimanfaatkan oleh lalat kuda (Tubanus sulcifrons) berkembang biak.

"Hampir tak bisa dipercaya, ada banyak lalat kuda di sini," kata Jukkaa tentang wilayah pengamatannya di Sodankylä, Lapland utara.

Baca Lainnya : Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Berita Buruk

Musim panas ekstrem ini membawa kabar buruk bagi peternak sapi perah di Finlandia. Hasil panen jerami anjlok mengakibatkan tidak ada cukup pakan ternak untuk musim dingin. Jika sebelumnya hewan tersebut ada di pemerahan susu, sekarang ini sapi dikirim ke pejagalan untuk disembelih. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020