trubus.id
Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Makanan Organik

Tak Perlu Ragu, Ini 5 Manfaat Makanan Organik

Ayu Setyowati - Kamis, 09 Agu 2018 12:30 WIB

Trubus.id -- Dulu, makanan organik hanya dijual di toko makanan sehat. Sekarang, makanan organik bisa ditemukan di mana saja karena semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama mereka yang sedang menjalani diet. Trubus Mania, sebelum kalian mengubah pola hidup lebih sehat, penting untuk mengetahui manfaat mengonsumsi makanan organik.

Kandungan oksidan dan vitamin lebih banyak

Beberapa penelitian mengungkapkan jika makanan organik mengandung antioksidan tinggi, mencapai 69 persen dibandingkan makanan non organik. Selain itu, kandungan vitamin C pada jagung dan berries yang organik lebih tinggi, hampir 52 persen. 

Sedikit nitrat

Nitrat sering dihubungkan dengan risiko kanker. Makanan organik terbukti mengandung nitrat lebih sedikit, mencapai 30 persen, membuat makanan organik berisiko rendah terhadap kanker.

Baca Lainnya : Rahasia di balik Label Makanan Organik yang Mahal

Lebih sedikit bahan kimia

Mungkin saja, tanah yang digunakan untuk menanam tanaman organik masih mengandung pestisida. Namun, makanan organik terbukti mengandung lebih sedikit bahan kimia. Penggunaan pestisida sering dikaitkan dengan sakit kepala, pusing, kanker, cacat lahir, dan masalah kesehatan lainnya.

Tidak mengandung antibiotik

Hewan organik tidak diberi antibiotik. Mengonsumsi hewan yang diberi antibiotik berisiko terinfeksi bakteri yang sudah kebal antibiotik itu. Apabila sudah kebal, diperlukan antibiotik dengan dosis lebih tinggi untuk mengobati suatu penyakit.

Baca Lainnya : Makanan Organik Lebih Sehat, Tapi Gizinya?

Ramah lingkungan

Pestisida dan pupuk tak hanya berbahaya untuk tubuh, tapi bisa berakibat buruk pada kualitas tanah dan lingkungan. Saat menggunakan pupuk dan pestisida berlebihan, petani menyebabkan polusi pada tanah dan air yang digunakan untuk menumbuhkan buah dan sayur. Lain halnya jika petani melakukan penanaman secara organik, di mana mereka akan mengurangi polusi dan perusakan terhadap tanah dan lingkungan tersebut. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020