trubus.id
Canggih, Petani Bantul Segera Pakai Aplikasi "Petani Go Online" 

Canggih, Petani Bantul Segera Pakai Aplikasi "Petani Go Online" 

Ihsan Maulana - Rabu, 08 Agu 2018 10:45 WIB

Trubus.id -- Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini telah menyiapkan sebanyak 400 petani, untuk mulai menggunakan aplikasi 'Petani Go Online'.

"Jadi petani yang kita pilih sementara ini memiliki pemikiran maju, untuk tahap awal kami siapkan 400 petani untuk menggunakan aplikasi 'Petani Go Online'," ujar Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul, Pulung Haryadi di Bantul, Rabu (8/8).

Aplikasi 'Petani Go Online' yang dikembangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan dinas pertanian ini, bisa diunduh melalui smartphone android. Bahkan, teknologi digital ini sudah disosialisasikan kepada seluruh penyuluh pertanian se-Bantul.

Baca Lainnya: Dengan Hidroponik, Sekarang Faris Sukses Jadi Petani Kekinian

Pulung menambahkan, 400 petani yang disiapkan, selain sudah melek teknologi, juga yang sudah mempunyai kartu tani. Karena untuk mengakses teknologi tersebut, harus memasukkan nomor kartu petani.

Sampai saat ini, dari total petani di Bantul yang berjumlah sekitar 112 ribu petani, yang sudah mempunyai kartu tani terbitan organisasi perangkat daerah (OPD), baru 40 ribu petani.

"Nah 400 orang itu diambil dari 40 ribu yang punya kartu tani. Memang masih jauh, karena ini baru rintisan. Dan 400 orang yang disiapkan itu jadi pemimpin, penyuluh itu juga pemimpin yang rata-rata membawahi sekitar 100 sampai 300an petani," sambungnya.

Setelah tahap awal berjalan, maka ke depannya sasaran pengaplikasian akan diperluas. Sebab dengan aplikasi ini, mereka mudah melakukan komunikasi dan akses informasi pertanian terkini.

"Jadi teknologi menjadi syarat petani untuk bisa menjadi maju. Kuncinya di situ, teknologi bisa lewat mana saja, tetapi salah satu yang bisa mempermuah adalah dengan teknologi secara digital," tambahnya.

Seiring dengan masuknya revolusi industri 4.0, aplikasi tersebut menjadi sangat dibutuhkan petani baik dari sisi pemasaran, teknologi, hingga mengatasi hambatan yang dihadapi petani dengan cepat. [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020