trubus.id
Tangani Gempa Lombok, Pemerintah Tegaskan Belum Butuh Bantuan Asing 

Tangani Gempa Lombok, Pemerintah Tegaskan Belum Butuh Bantuan Asing 

Binsar Marulitua - Selasa, 07 Agu 2018 19:15 WIB

Trubus.id -- Pemerintah Indonesia masih sanggup menangani dampak gempa yang terjadi Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/8) lalu. Meskipun masih banyak daerah terdampak yang terisolir bantuan dan terperangkap di dalam reruntuhan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menegaskan, pemerintah sanggup menangani dampak gempa yang terjadi sampai pada tahap pemulihan. Kesanggupan dalam hal ini baik dari segi personel maupun pendanaan.

Baca Lainnya : Terdampak Gempa, Sejumlah Rumah Sakit di Lombok Masih Layak Operasi Pasien

"Belum membutuhkan Hal tersebut lantaran potensi nasional masih mencukupi. Bahkan sampai proses pemulihan nanti, baik personel, pendanaanya, materialnya, semuanya cukup," jelas Sutopo, di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (7/8).

Namun ditambahkan Sutopo, jika ada negara lain yang ingin memberikan bantuan, pemerintah akan menerimanya. Sebab, selama ini, Indonesia terbilang cepat merespons membantu negara lain yang tertimpa bencana. Tentunya, BNPB tidak sembarang menerima bantuan dan memberi klasifikasi terhadap bantuan yang berdatangan. 

Baca Lainnya : BNPB: Belum Ada Teknologi yang Bisa Prediksi Kapan Terjadinya Gempa Bumi

"Tentu, bantuannya nanti akan kami berikan jenisnya. Tidak sembarangan bantuan diterima, tetapi yang diperlukan masyarakat yang terkena dampak gempa di Lombok," tutur Sutopo.

Hingga kini, beberapa negara sudah menyatakan akan memberikan bantuan terhadap korban gempa Lombok. Di antaranya dari Australia, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan beberapa negara di kawasan ASEAN yang di koordinir melalui AHA (ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management) Centre. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020