trubus.id
BNPB: Belum Ada Teknologi yang Bisa Prediksi Kapan Terjadinya Gempa Bumi

BNPB: Belum Ada Teknologi yang Bisa Prediksi Kapan Terjadinya Gempa Bumi

Ihsan Maulana - Selasa, 07 Agu 2018 18:15 WIB

Trubus.id -- Bencana alam seperti gempa bumi hingga kini belum bisa diprediksi kapan dan dimana akan terjadi. Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho bahkan menegaskan, belum ada ilmu pengetahuan maupun teknologi yang bisa memprediksi gempa bumi.

"Gempa bumi tidak bisa diperkirakan secara pasti. Abaikan saja kalau ada yang memperkirakan gempa karena pasti hoax," ujar Sutopo dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (7/8).

Baca Lainnya : BNPB Perkirakan Jumlah Korban Gempa Lombok Terus Bertambah

Untuk itu, Sutopo mengimbau masyarakat, agar mewaspadai dan tidak mempercayai kabar bohong, yang beredar terkait dengan gempa Lombok.

"Karena banyak beredar kabar bohong yang menjadi viral sehingga menimbulkan kepanikan. Masyarakat masih trauma, ditambah muncul kabar-kabar bohong seperti itu," sambungnya.

Baca Lainnya : Rumah Lipat, Solusi Baru Anti Gempa Bumi

Ia menambahkan, beberapa kabar bohong yang tersebar juga dibuat dalam bahasa Inggris, sehingga menimbulkan kepanikan wisatawan mancanegara yang ada di Bali, Lombok dan sekitarnya. Akhirnya, mereka pun mempercepat kepulangan.

"Untuk informasi kegempaan dan tsunami, kami meminta masyarakat tetap mengacu kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geosifika (BMKG)," imbuhnya.

Sutopo menyebut, Badan tersebut memiliki ribuan seismograf yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga tidak sampai lima menit seusai gempa terjadi, maka informasi akan segera disampaikan termasuk bila ada peringatan dini tsunami. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020