trubus.id
Evakuasi 7 Korban, BNPB: Jumlah Korban Tewas Sementara 98 Orang

Evakuasi 7 Korban, BNPB: Jumlah Korban Tewas Sementara 98 Orang

Binsar Marulitua - Senin, 06 Agu 2018 19:30 WIB

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, Tim SAR Terpadu kembali menemukan 7 jenazah korban gempa bumi 7 SR di Lombok Barat. Sampai pada Senin (6/8) pukul 17.00 WIB, jumlah total korban yang berhasil di evakuasi sebanyak 98 orang.

Kepala Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dari 7 korban yang ditemukan, lima orang berasal dari Lombok Barat dan dua orang dari Bali. Bukan evakuasi di tempat obyek wisata Gili Terawangan, Lombok Utara.

Baca Lainnya : Jumlah Korban Gempa Lombok Capai 91 Orang Meninggal, 209 Luka-Luka

"Dua orang di Bali dan lima orang di Lombok Barat. Bukan laporan dari Gili Terawangan," jelas Sutopo.

Sutopo mengatakan, jumlah korban meninggal bertambah kemungkinan masih memilik peluang yang besar karena vakuasi korban para jemaah yang sedang melangsungkan ibadah salat isya di Desa Lading-Lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara baru saja berlangsung menggunakan alat berat.

"Tadi siang kami sebutkan adanya korban tertimpa bangunan masjid, saat ini sudah ada alat berat dalam proses evakuasi dengan melibatkan tim gabungan yang dikoordinasikan oleh Basarnas, TNI, Polri dan relawan juga ada anjing pelacak," tambahnya. 

"Ini kita melihat bagaimana dinding beton atas masjid sangat tebal dan menimpa masyarakat yang solat isya tadi malam." jelasnya lagi.

Baca Lainnya : 7 Wisatawan Tewas di Gili Trawangan, BNPB Belum Ubah Data Korban

Ditambahkan Sutopo kemungkinan bertambahnya korban jiwa juga relatif besar karena sejumlah TIM SAR Terpadu sampai saat ini masih menjangkau desa terisolir. Tim SAR belum bisa melakukan evakuasi korban karena desa-desanya berada di bukit-bukit yang sulit dijangkau dan akses jalan banyak yang terputus.

"Dari 98 orang meninggal dunia, semua adalah Warga Negara Indonesia (WNI)," tambahnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020