trubus.id
Unik,  Posisi Kencing Anjing Berbanding Terbalik dengan Ukuran Tubuhnya

Unik, Posisi Kencing Anjing Berbanding Terbalik dengan Ukuran Tubuhnya

Diah Fauziah - Senin, 06 Agu 2018 15:30 WIB

Trubus.id -- Para ilmuwan menemukan fakta, anjing berukuran lebih kecil cenderung kencing dengan posisi lebih tinggi dari tubuhnya untuk menyamarkan ukuran mereka yang kurang menakutkan.

Peneliti dari Cornell University di New York menemukan, kebiasaan anjing menandai wilayahnya dengan air kencing dapat menipu anjing lain. Studi mengamati jika ketinggian urine yang menyebar, menunjukkan ukuran anjing. Mereka menemukan bukti tambahan bahwa anjing kecil seringkali menipu tinggi badannya, dengan posisi sedikit lebih tinggi dari seharusnya, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Zoology.

Baca Lainnya : Dijilat Anjing, Kaki dan Tangan Pria Ini Terpaksa Diamputasi

Yang pertama kali dilakukan peneliti ialah menetapkan apakah ketinggian tempat anjing akan menaikkan kakinya untuk kencing langsung memengaruhi seberapa tinggi urine dapat dikeluarkan. Setelah membuktikan hal ini, peneliti mengamati beberapa anjing jantan saat mengajak mereka jalan-jalan.

Pengamatan tersebut menunjukkan, anjing yang lebih kecil, dengan kaki yang lebih ringan, cenderung mengangkat kaki mereka lebih tinggi, meninggalkan tanda urine yang lebih tinggi. Anjing-anjing yang lebih besar, dengan kaki yang lebih berat, cenderung merendahkan posisinya saat kencing.

Baca Lainnya : Anjing Paling Jelek di Dunia Mati pada Usia 9 Tahun

Dikatakan peneliti, perilaku ini dapat membantu anjing kecil menghindari konfrontasi dengan membuat anjing lain percaya, mereka lebih besar dari yang sebenarnya. Namun, mereka juga menunjukkan, anatomi sederhana bisa menjadi salah satu alasan untuk perilaku kencing, di mana kaki yang lebih besar dan berat lebih tidak nyaman untuk diangkat daripada yang lebih kecil dan lebih ringan.

Meski demikian, penelitian ini berkontribusi pada semakin banyak penelitian yang menyarankan anjing yang lebih besar dan lebih kecil berperilaku berbeda. Ada banyak hewan menggunakan urine untuk menandai wilayah dan berkomunikasi dengan hewan lain, termasuk dari spesies lain. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020