trubus.id
Jokowi Ingin Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Olahraga

Jokowi Ingin Dana Desa untuk Bangun Fasilitas Olahraga

Ihsan Maulana - Minggu, 05 Agu 2018 17:00 WIB

Trubus.id -- Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, anggaran dana desa bisa ditujukan untuk membangun tidak hanya infrastruktur jalan atau fasilitas penunjang lahan pertanian saja, namun bisa menyentuh sarana dan prasarana olahraga masyarakat desa.

“Bisa saja, misal untuk bangun lapangan sepak bola, bulutangkis, voli di desa, silahkan,” ujarnya dalam promosi Asian Games 2018 dan peluncuran Program Jalan Terus Indonesia di Komplek Istana Bogor, baru-baru ini.

Ia kembali menekankan, adanya pembangunan infrastruktur olahraga tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di kota saja, namun harus menyentuh warga yang tinggal di desa. “Sehingga dengan dibangunnya fasilitas olahraga itu, jadi bisa muncul prestasi yang membanggakan,” sambungnya.

Baca Lainnya : Penambahan Alokasi Dana Desa Dorong Realisasi Peningkatan Ekonomi

Di sisi lain, Jokowi kembali menegaskan selama empat tahun terakhir, pemerintah sudah mengucurkan dana desa yang saat ini sudah berjumlah Rp 187 triliun.

“Saya juga pernah instruksikan Menpora soal pembangunan 1.000 lapangan olahraga di desa, tidak tahu jadinya berapa sekarang, biar Menpora yang jelaskan,” imbuhnya.

Menpora Imam Nahrawi yang ada di acara tersebut lantas menjelaskan, program tersebut dinamai “Program Satu Desa Satu Lapangan Olahraga”, ini dimulai sejak 2015 hingga 2017 lalu.

Baca Lainnya : Kemenko PMK Tinjau Pemanfaatan Dana Desa di Kecamatan Syiah Kuala Aceh, Apa Hasilnya?

“Meski anggaran terbatas, kita berhasil membangun 2.200 lapangan di desa yang terdiri dari lapangan sepak bola, bola basket, bola voli, panjat tebing dan futsal,” paparnya.

Sementara untuk tahun ini, program tersebut diakuinya memang sudah dihentikan, dan akan dilebur bersama program dana desa sesuai arah presiden. “Karena dana desa kan sekarang sudah teraplikasikan tidak hanya untuk memfasilitasi infrastruktur olahraga, tapi juga kegiatan keolahragaan di desa,” tandasnya. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020